Qualcomm Luncurkan Layanan Perangkat Lunak Cloud yang Bisa Lacak Pengiriman Barang
Qualcomm Inc baru saja meluncurkan layanan perangkat lunak berbasis cloud. (foto: dok. qualcomm)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm Inc baru saja meluncurkan layanan perangkat lunak berbasis cloud bagi pengembang dan perusahaan untuk memanfaatkan informasi real-time dan wawasan data agar dapat mempercepat program transformasi digital.

Dijuluki Qualcomm Aware Platform, ini akan bekerja dengan chip Qualcomm yang masuk ke perangkat pelacakan untuk kontainer pengiriman, palet, paket, dan bagian lain dari rantai pasokan untuk membantu perusahaan melacak lokasi di mana barang mereka berada.

Raksasa teknologi yang berbasis di San Diego, California, AS itu adalah penyedia chip terbesar di dunia yang membantu ponsel pintar terhubung ke jaringan data seluler.

Namun Qualcomm menggunakan spesialisasi komunikasi nirkabelnya dengan baik untuk memasuki pasar lain di mana terdapat perangkat yang perlu berkomunikasi dengan Internet, seperti mobil dan pabrik.

Karenanya, platform Qualcomm Aware diluncurkan. Bekerja sama dengan Vendor Perangkat Lunak Independen (ISV) dan Integrator Sistem (SI), Qualcomm Aware ini akan memungkinkan perusahaan untuk secara cepat dan efisien meluncurkan solusi yang telah dirancang sebelumnya dengan cara yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Sebagian besar pelacak tersebut dibuat oleh pihak ketiga, tetapi perusahaan membuat beberapa perangkatnya sendiri, seperti sensor kemiringan yang dapat dipasang ke tiang listrik untuk melaporkan apakah mereka terguling saat badai terjadi.

Qualcomm Aware menawarkan kerangka kerja yang dapat disesuaikan dan mengimplementasikan API standar, dirancang untuk memberikan interoperabilitas yang mulus dengan cloud pribadi, platform aplikasi khusus industri, perangkat lunak perusahaan yang ada untuk perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), manajemen rantai pasokan, manajemen inventaris, dan lainnya.

Salah satu yang pertama dari integrasi ini adalah dengan Microsoft Dynamics 365. Pelanggan dapat merancang solusi untuk memenuhi kebutuhan bisnis khusus mereka, seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 22 Februari.

Tidak ada informasi harga untuk layanan baru ini secara terbuka, tetapi Qualcomm Aware merupakan sumber baru untuk menghasilkan lebih banyak uang dari chip-nya.