Qualcomm Luncurkan Chip Snapdragon X35 untuk Perangkat 5G Generasi Berikutnya
Snapdragon X35 5G. (Dok. Qualcomm Technologies)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm Technologies baru saja meluncurkan Snapdragon X35 5G Modem-RF System, yang mencakup sistem 5G NR-Light modem-RF pertama di dunia.

Ini adalah sistem RF modem berbiaya rendah yang menawarkan jalur migrasi jangka panjang kepada pembuat perangkat untuk menggantikan perangkat LTE CAT4+, menghasilkan peningkatan adopsi 5G dan transisi yang lebih cepat ke jaringan 5G terpadu.

NR-Light, kelas baru 5G, mengisi kesenjangan antara perangkat broadband seluler berkecepatan tinggi dan perangkat NB-IoT dengan bandwidth sangat rendah.

Perangkat NR-Light yang ditenagai oleh Snapdragon X35, bisa menghemat ruang karena ukurannya yang lebih kecil, hemat biaya, dan memberikan masa pakai baterai lebih lama daripada perangkat broadband seluler lawas.

Chip Snapdragon X35 5G dapat digunakan pada konektivitas untuk ambulans dan truk pemadam kebakaran, mobil, keamanan publik, pertanian, dan alat berat. Ini juga dapat digunakan pada perangkat yang dapat dikenakan konsumen, perangkat XR, dan lainnya.

“Snapdragon X35 menyatukan terobosan 5G utama yang diharapkan dari inovator nirkabel terkemuka dunia,” kata wakil presiden senior dan manajer umum, modem seluler dan infrastruktur Qualcomm, Durga Malladi dalam blog resmi perusahaan yang dikutip Kamis, 9 Februari.

“Modem 5G NR-Light pertama di dunia memiliki fitur biaya -efektif, desain ramping dengan efisiensi daya terdepan, termal yang dioptimalkan, dan pengurangan jejak. Snapdragon X35 siap untuk menggerakkan gelombang berikutnya dari perangkat edge cerdas yang terhubung dan memberdayakan spektrum penggunaan yang luas," imbuhnya.

Selain Snapdragon X35, Qualcomm juga mengumumkan Snapdragon X32 5G Modem-RF System, solusi modem-ke-antena yang dibangun untuk mengurangi kerumitan dan menghemat biaya perangkat NR-Light.

Pengambilan sampel pelanggan untuk Snapdragon X35 dan X32 diharapkan akan dimulai pada paruh pertama 2023 dan perangkat seluler komersial diklaim akan diluncurkan pada paruh pertama 2024.