Rilis Empat Chip Baru, Qualcomm Bawa Peningkatan Menonjol di Snapdragon 695
Qualcomm memperkenalkan chip Snapdragon terbaru. (foto: qualcomm)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm memperkenalkan chip Snapdragon terbaru untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan di seluruh perangkat level teratas, menengah, dan pemula.

Chip tersebut antara lain Snapdragon 778G Plus 5G, 695 5G, 480 Plus 5G, dan 680 4G. Keempat chipset anyar dengan dibekali 5G dan 4G ini memungkinkan peningkatan kinerja dan kemampuan untuk memberikan tambahan pilihan bagi OEM dalam memenuhi permintaan konsumen.

"Ponsel kelas menengah diharapkan menjadi pendorong utama untuk mempercepat penggunaan perangkat 5G, terutama di negara berkembang,” ujar Senior Director, Product Management Qualcomm Technologies Inc, Deepu John.

Chip baru yang paling menonjol adalah Snapdragon 695, yang menggantikan Snapdragon 690 di jajaran Qualcomm. Tidak seperti model lama, Snapdragon 695 akan mendukung versi 5G mmWave dan sub-6GHz, yang akan membantu meningkatkan kecepatan data, bahkan pada ponsel yang lebih murah, di mana sejauh ini tidak menawarkan dukungan mmWave, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu, 27 Oktober.

Ada juga peningkatan kinerja yang cukup besar. Qualcomm menjanjikan peningkatan 15 persen dalam kinerja CPU dan rendering grafis hingga 30 persen lebih cepat dibandingkan dengan 690.

Lainnya tambahan untuk chip Snapdragon 680, SoC LTE-only baru dibangun di atas proses 6nm yang sama dan lebih modern seperti 695. Meski begitu, peningkatan ini tidak cukup setara dengan chip 5G baru yang diumumkan perusahaan, melainkan untuk membantu mengisi kesenjangan dalam jajaran chip Qualcomm untuk perusahaan yang masih mencari perangkat khusus 4G. Dalam hal ini, dapat membantu memangkas biaya di wilayah yang belum memiliki penerapan 5G.

Kemudian, adapula Snapdragon 778G Plus, penerus dari Snapdragon 778G dengan peningkatan kinerja GPU dan CPU dari 2.4GHz menjadi 2.5GHz, dirancang untuk menghadirkan pengalaman bermain mobile gim yang memuaskan pengguna dan peningkatan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman pengambilan foto dan video.

Sementara itu perusahaan juga membawa Snapdragon 480 Plus 5G. Chip ini hadir kurang dari satu tahun setelah 480 muncul, dan sudah digunakan di lebih dari 85 perangkat. Berangkat dari kesuksesan tersebut, Snapdragon 480 Plus akan terus mendorong penyempurnaan 5G lebih lanjut, memungkinkan pengguna untuk mengakses konektivitas 5G yang tersedia secara global dan meningkatkan kinerja untuk mendukung produktivitas dan pengalaman hiburan.

Sebagai catatan, keempat platform chip baru tersebut akan diluncurkan nanti pada Q4 2021, dengan mitra HMD, Honor, Motorola, Oppo, Vivo, dan Xiaomi. Semua vendor ini menyatakan minat untuk menggunakan setidaknya beberapa chip Snapdragon baru itu.