SoC Snapdragon Bakal Berdiri Sendiri Tanpa Qualcomm
Qualcomm akan mengubah merek Snapdragon.

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm baru saja mengumumkan akan mengubah merek Snapdragon. Selain materi pemasaran, produsen chip tersebut juga akan menghapus "Qualcomm" dari nama chip dan memodifikasi sistem penomoran.

Diketahui, Qualcomm telah menggunakan skema penamaan dan penomoran yang sama di SoC-nya sejak 2013, namun sepertinya perusahaan sudah dalam waktu dekat untuk mengubahnya.

Pabrikan chip tersebut akan mengumumkan SoC dengan rebranding baru pada 30 November di gelaran Snapdragon Tech.

Nantinya, Snapdragon sekarang akan ada sebagai merek yang berdiri sendiri, terpisah dari merek “Qualcomm” yang tidak akan banyak muncul di chip-nya. Sejatinya, perusahaan telah mulai menerapkan pada awal tahun ini di Snapdragon 888 Plus, yang tidak menyematkan kata Qualcomm.

Dilansir dari The Verge, Selasa, 23 November, selama bertahun-tahun, Qualcomm telah memberi label chipnya dengan nama tiga digit, seperti Snapdragon 480, Snapdragon 765 atau Snapdragon 888.

Angka pertama secara luas menginformasikan kepada pelanggan betapa kuatnya chip tersebut. Misalnya saja chip seri-8 berfungsi sebagai flagships, sementara seri-4 adalah untuk produk entry-level.

rikutnya untuk eksplorasi Walmart ke dalam perdagangan sosial.

Biasanya angka keduanya juga menunjukkan rilis generasi tahunan mulai dari Snapdragon 865 ke 875, sedangkan perubahan pada angka ketiga umumnya menunjukkan pembaruan yang lebih kecil seperti Snapdragon 765G ke Snapdragon 768G.

Ke depannya, Qualcomm akan beralih ke seri dan nomor generasi satu digit, sejajar dengan kategori produk lain, dimulai dengan pengumuman mendatang dari seri 8 unggulan berikutnya.

Sebenarnya Qualcomm sudah menggunakan skema penamaan satu digit pada generasi untuk prosesor Snapdragon PC-nya, seperti Snapdragon 8cx Gen 2 atau Snapdragon 7c Gen 2 juga, jadi perubahan itu tidak muncul begitu saja, tetapi hanya meneruskan penamaan produk yang sudah ada.