Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm akan segera mengungkap prosesor mobile flagship generasi terbarunya pada Snapdragon Summit yang akan berlangsung pada 21 Oktober. Meskipun nama resmi SoC (System on Chip) ini belum diumumkan, rumor menunjukkan bahwa prosesor ini mungkin akan diberi nama Snapdragon 8 Gen 4 atau Snapdragon 8 Elite. Salah satu perangkat pertama yang akan menggunakan chip ini adalah OnePlus 13.

Sebuah unggahan di Weibo oleh karyawan OnePlus, Cai Zuxuan, menyebutkan bahwa OnePlus 13 akan dibekali dengan versi kustom dari chip Snapdragon terbaru yang diklaim memiliki peningkatan signifikan dalam efisiensi energi.

Menurut data internal yang dikutip oleh Cai, SoC kustom ini dikatakan melampaui efisiensi daya dari Apple A18 Pro. Jika klaim ini benar, Qualcomm bisa kembali merebut posisi teratas dalam hal efisiensi chip smartphone.

Unggahan tersebut juga mengungkapkan bahwa versi “publik” dari chip ini memiliki efisiensi yang lebih rendah dibandingkan dengan versi kustom yang digunakan oleh OnePlus.

Ini bukan pertama kalinya pendekatan dua model untuk Snapdragon 8 Elite terdengar. Pada Agustus lalu, bocoran datasheet mengungkapkan dua varian dari SoC ini, yaitu SM8750 dan SM8750P. Varian “P” diyakini sebagai model yang difokuskan pada performa, mirip dengan versi “Galaxy” dari SoC flagship Qualcomm sebelumnya.

Penantian untuk detail resmi tak akan berlangsung lama. Snapdragon Summit pada 21 Oktober akan menjadi ajang untuk mempelajari lebih lanjut tentang chip baru ini, variannya, dan bagaimana prosesor Qualcomm 3nm ini bersaing dalam hal efisiensi daya serta performa.

Berdasarkan bocoran, OnePlus 13 diperkirakan hadir dengan layar 2K LTPO sedikit melengkung, sistem tiga kamera belakang 50MP, dan pengisian daya nirkabel magnetik 50W. Smartphone ini juga diharapkan dilengkapi dengan baterai dual-cell 5840mAh, dukungan pengisian cepat 100W SUPERVOOC, serta pengisian daya nirkabel magnetik.

Sementara itu, pesaing OnePlus juga bersiap meluncurkan flagship mereka dengan prosesor Snapdragon 8 Elite terbaru. Honor telah mengonfirmasi peluncuran seri Magic 7, sementara Xiaomi 15 dan iQOO 13 diperkirakan akan debut pada Oktober ini.