Bagikan:

JAKARTA – Apple diperkirakan akan merilis empat perangkat baru pada Oktober, salah satunya adalah iMac M4. Dalam beberapa bulan terakhir, banyak rumor mengenai perangkat ini, mulai dari memori hingga port.

Rumor pertama yang banyak bermunculan, dilansir dari 9to5mac, adalah chip M4 yang akan ditambahkan ke perangkat tersebut. Prosesor ini akan menggunakan fabrikasi 3nm generasi kedua TSMC. Berkat CPU 10 inti, peningkatan kinerjanya akan mencapai 20 hingga 25 persen.

Selain prosesor yang ditingkatkan, kabarnya model dasar iMac M4 ini akan menggunakan RAM 16 GB dengan opsi peningkatan ke 32 GB. Di generasi sebelumnya, komputer ini hanya mendapatkan opsi tambahan RAM sebesar 24 GB.

Rumor berikutnya yang banyak beredar adalah port Thunderbolts yang lebih banyak dari sebelumnya. iMac M4 mungkin akan mendapatkan dua port Thunderbolt untuk model dasar, sedangkan model yang lebih mahal memiliki empat port Thunderbolt.

Namun, rumor lainnya mengungkapkan bahwa port ini akan terbagi menjadi dua untuk model iMac M4 kelas atas. Dua port adalah tipe USB-C, sedangkan dua port lainnya tetap Thunderbolt. Ini merupakan peningkatan yang tidak biasa karena iMac M3 hanya memiliki dua port.

Peningkatan berikutnya muncul dari segi Wi-Fi. Komputer ini diperkirakan akan mendukung standar Wi-Fi 7 dengan kecepatan hingg 46 Gbps, lima kali lebih cepat dari Wi-Fi 6E yang hanya 9 Gbps. Versi Wi-Fi terbaru ini dapat mengurangi gangguan kemacetan sinyal.

Masih banyak rumor iMac M4 yang beredar, seperti ukuran perangkat yang hanya ada satu hingga aksesoris dengan USB-C untuk mematuhi regulasi Eropa. Belum diketahui dengan pasti apakah seluruh rumor ini benar. Untuk mengetahuinya, kita perlu menunggu hingga perangkatnya diperkenalkan  ke publik.