Bagikan:

JAKARTA – Apple diperkirakan akan mulai memperkenalkan jajaran Mac M4 mereka pada Oktober mendatang, dengan pembaruan pada iMac, MacBook Pro, dan Mac mini yang akan menjadi awal dari transisi ke chip M4. Meskipun acara peluncuran kemungkinan akan diadakan pada bulan Oktober, perangkat baru ini mungkin baru akan dikirimkan pada November.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple kemungkinan akan mulai mengirimkan Mac M4 dengan setidaknya 16GB RAM, termasuk pada model dasar MacBook Pro 14”, Mac mini baru, dan iMac baru. Selama delapan tahun terakhir, Apple telah menggunakan 8GB RAM pada model dasar Mac-nya, sehingga peningkatan ini akan menjadi perubahan yang dinantikan, terutama mengingat semakin intensifnya penggunaan memori dengan teknologi kecerdasan buatan.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Mac mini mendatang akan mengalami perubahan desain terbesar dalam sejarah 14 tahun komputer tersebut. Model baru ini diperkirakan akan berukuran lebih kecil dan kemungkinan besar akan kehilangan dukungan untuk port USB-A, meskipun akan menambah port USB-C sebagai penggantinya. Meski detail desainnya belum banyak diketahui, perubahan ini akan menjadi menarik mengingat Mac mini adalah Mac termurah dari Apple.

Rumor menunjukkan akan ada iMac baru pada musim gugur ini, yang membuka peluang bagi Apple untuk menyegarkan semua aksesori Magic mereka. Mengingat Apple harus mematuhi mandat Uni Eropa untuk menggunakan USB-C sebelum akhir tahun ini, kemungkinan besar kita akan mengucapkan selamat tinggal pada port lightning pada aksesori desktop Apple dengan hadirnya penyegaran iMac M4.

Saat ini, warna Space Black eksklusif untuk MacBook Pro M3 Pro dan M3 Max kelas atas, dan tidak tersedia pada model dasar MacBook Pro M3 yang masih menggunakan Space Gray. Meskipun ini mungkin terlihat sebagai pilihan yang disengaja, ada spekulasi bahwa Apple bisa membawa warna Space Black ke MacBook Pro M4 termurah yang akan datang.

Chip M4 Pro dan M4 Max yang Baru

Meskipun Apple telah meluncurkan chip dasar M4 di iPad Pro pada Mei lalu, publik masih belum melihat chip kelas atas, M4 Pro dan M4 Max. Chip-chip ini diharapkan akan diluncurkan untuk pertama kalinya di MacBook Pro kelas atas baru akhir tahun ini. Chip M4 Pro dan Max diperkirakan akan menggunakan proses 3nm yang lebih efisien dari TSMC, yang juga digunakan oleh chip A18 dan M4, dan seperti biasa, akan menawarkan kinerja yang lebih cepat.

Dengan beberapa perubahan besar ini, peluncuran Mac M4 dari Apple dipastikan akan menjadi momen yang sangat dinantikan.