Bagikan:

JAKARTA – Google Meet, platform konferensi video, meluncurkan fitur background atau latar belakang berbasis Kecerdasan Buatan (AI) pada Juli tahun lalu, tetapi fitur ini hanya tersedia di versi situs web. 

Dalam waktu dekat, kemampuan ini akan tersedia untuk aplikasi Google Meet di perangkat Android. Temuan terbaru dari Android Authority menunjukkan bahwa Google berusaha menghadirkan pembuat latar belakang berbasis AI bagi pengguna Meet di ponsel. 

Fitur ini akan diluncurkan dalam versi 2024.10.06.682972205. Saat dilihat melalui aplikasi Gmail, Google Meet akan menambahkan opsi Buat Latar Belakang di dalam menu Efek. Fitur ini bisa diakses sebelum bergabung ke dalam pertemuan atau selama pertemuan berlangsung.

Sepertinya, fitur ini masih dikembangkan karena opsi untuk membuat latar belakang berbasis AI ini masih kosong atau tidak menampilkan menu apa pun. Kemungkinan besar, cara pembuatannya sama seperti yang tersedia di versi web.

Pengguna hanya perlu memasukkan perintah khusus untuk mendapatkan latar belakang yang diinginkan hingga gambar sampel ditampilkan. Pengguna bisa memilih gaya yang mereka inginkan, seperti fantasi, fotografi, pemanfaatan, dan lainnya.

Fitur latar belakang AI ini tidak akan tersedia untuk pengguna gratis. Pasalnya, Google Meet versi web hanya menghadirkan fitur ini bagi pelanggan yang memiliki add-on Gemini for Google Workspace atau berlangganan Google One AI Premium.

Belum diketahui dengan pasti apakah fitur ini juga akan tersedia di iOS dan iPadOS karena pembuat latar belakang berbasis AI ini menggunakan dukungan Gemini. Hingga saat ini, akses Gemini di iOS dan iPadOS tidak semudah di perangkat Android.