Google Luncurkan Banyak Fitur ke Android dan Wear OS di MWC 2023
Google hadirkan sejumlah fitur baru untuk Android di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona. (foto: dok. Google

Bagikan:

JAKARTA - Google hadirkan sejumlah fitur baru untuk Android di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona. Tak hanya itu, perusahaan juga membawa pembaruan pada Wear OS-nya.

Fitur pertama, Google membawa widget baru untuk Google Keep di mana pengguna bisa memeriksa daftar tugas dari layar utama ponsel.

Pengguna juga akan mendapatkan kemampuan, dengan jam tangan yang kompatibel, membiarkan mereka mendiktekan catatan dan item daftar tugas hanya dari pergelangan tangan.

Google Meet kini juga menawarkan peredam bising selama panggilan di lebih banyak perangkat seluler Android, memfilter suara latar belakang yang mengganggu saat pengguna berbicara.

Sebentar lagi, Fast Pair juga akan dapat menyambungkan headphone Bluetooth baru ke Chromebook hanya dengan satu ketukan. Chromebook juga akan terhubung secara otomatis saat pengguna menyambungkan headphone dengan ponsel Android.

Selain itu, kombinasi emoji baru sekarang juga tersedia di Emoji Kitchen yang dapat digabungkan, remix, dan bagikan sebagai stiker melalui Gboard, seperti dikutip dari blog resmi Google, Selasa, 28 Februari.

Misalnya saja, pengguna dapat menggabungkan emoji Bola Basket dengan Mata Hati yang hasilnya bola basket akan berbentuk hati, atau menambahkan tekstur seperti bola basket ke mata hati yang sama.

Fitur animasi tap-to-pay baru juga akan hadir minggu depan di Google Wallet untuk membantu mengonfirmasi transaksi di dalam toko.

Pengguna juga dapat dengan mudah meningkatkan ukuran konten di Chrome, termasuk teks, gambar, video, dan kontrol interaktif hingga 300 persen agar sesuai dengan preferensi penglihatan pengguna, sambil tetap mempertahankan tata letak halaman.

Hadir juga kemampuan untuk menyetel ukuran konten pilihan sebagai default sehingga pengguna tidak perlu mengubahnya setiap kali membuka Chrome.

Untuk mencobanya, di Chrome Beta buka Pengaturan klik Aksesibilitas, sebelum diluncurkan secara resmi pada Maret mendatang.

Terakhir, Wear OS 3+ juga akan memperkenalkan dua mode suara dan tampilan baru untuk meningkatkan aksesibilitas jam tangan.

Audio mono dapat membantu membatasi disorientasi yang disebabkan oleh audio terpisah, sedangkan mode koreksi warna dan skala abu-abu memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk tampilan jam tangan.

Terkait