<i>Chipset</i> Baru Qualcomm Snapdragon 888
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 (Qualcomm)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm resmi memperkenalkan System-on Chip (SoC) terbarunya, yakni Snapdragon 888. Dalam acara Tech Summit Digital 2020, chipset yang sudah mendukung teknologi 5G ini siap mentenagai jajaran smartphone premium flagship.

"Snapdragon 888 siap memulai era baru smartphone dengan menghadirkan pengalaman premium yang berkelanjutan pada inovasi jangka panjang," ujar Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katouzian.

Lantas peningkatan teknologi apa saja yang dihadirkan Qualcomm pada Snapdragon 888? SoC ini menyertakan Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, dan juga mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

"Ini artinya makin banyak network menghadirkan koneksi yang sangat cepat sehingga kamu bisa menikmati aplikasi favorit dengan baterai yang tahan seharian di mana saja dengan koneksi 5G," ujar Lekha Motiwala, Director Product Management Qualcomm Technologies.

Qualcomm juga membawa pembaruan teknologi pada Snapdragon 888. Qualcomm AI Engine generasi keenam terbaru dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang telah dirancang ulang sepenuhnya, membawa kemajuan besar pada AI dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk meningkatkan kinerja, hemat daya, dengan performa 26 tera operations per second (TOPS).

Platform ini ditingkatkan lebih lanjut dengan Qualcomm Sensing Hub generasi kedua, yang membawa Always-On AI processing berdaya rendah untuk fitur-fitur intuitif dan pintar.

Chipset Snapdragon 888 juga akan menampilkan generasi ke-3 baru dari Snapdragon Elite Gaming secara signifikan. Termasuk akan meningkatkan kinerja GPU Qualcomm Adreno dari generasi sebelumnya.

Chipset baru ini juga akan menawarkan kinerja fotografi komputasi yang lebih baik , berkat kecepatan gigapiksel Qualcomm Spectra ISP yang lebih cepat. ISP baru akan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dengan kecepatan 2,7 gigapiksel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP, yang lebih cepat hingga 35 persen dari generasi sebelumnya.

Kehadiran Snapdragon 888 mendapat dukungan dari sejumlah vendor elektronik, termasuk ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, MEIZU, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, OPPO, Sharp, vivo, ZTE dan Xiaomi.