Qualcomm Bikin Chipset Baru, Diklaim 20 Persen Lebih Baik dari Generasi Sebelumnya
Qualcomm bikin chip Snapdragon terbaru (GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan chip Qualcomm sedang menggarap chipset teranyarnya yang diklaim punya performa lebih baik untuk digunakan dalam smartphone. Chip Snapdragon terbaru akan mendapat peningkatan sebesar 20 persen.

Qualcomm dikabarkan akan menamai chip tersebut dengan nama Snapdragon 895 atau Snapdragon 898. Iformasi tersebut diungkapkan oleh salah satu pakar ponsel bernama Abhishek Yadav. Ia menilai chip Snapdragon terbaru itu bakal diproduksi dengan menggunakan arsitektur 4nm Samsung yang diklaim punya kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

Menurut laporan Beebom, chipset Snapdragon teranyar itu telah bocor dengan nama kode ‘taro’. Daftar tersebut didasarkan pada smartphone prototipe Vivo dengan nomor model V2102A. Gawai tersebut dibekali RAM 8 GB dan menggunakan Android 12.

Chip baru tersebut mempunyai fitur GPU Adreno 730. Eksekutif Lenovo menilai chip tersebut akan memiliki performa yang meningkat secara signifikan daripada GPU Adreno 660 Snapdragon 888. Selain itu, Yadav juga mengaku dirinya sudah melihat Snapdragon 898.

Snapdragon 898 mempunyai satu core yang diperkirakan adalah Arm’s Cortex-X2 – clock pada 2.42 GHz, dengan tiga CPU menengah yang kemungkinan besar adalah Arm’s Cortex-A710 dan memiliki frekuensi 2.17 GHz. Ditambah lagi dengan empat core efisiensi tinggi, diperkirakan Cortex-A510 dengan frekuensi 1.79 GHz.

Menurut laporan dari Phone Arena, dengan spesifikasi demikian, chip tersebut diklaim mampu menghasilkan performa yang lebih cepat dan itulah kenapa skor chip tunggal dan multi-core sebesar 720 dan 1.919. Namun hal tersebut tidak menggambarkan performa Snapdragon 898.

Meski demikian, chip terbaru yang dirumorkan tersebut tampaknya didasarkan pada arsitektur ARMv8 dan bukan yang terbaru ARMv9. Selain itu core utama Snapdragon 898 yakni Kryo 780 diprediksi bakal menawarkan kecepatan clock hampir 3,09 GHz.

Sementara versi Plus Snapdragon 888 menghadirkan kecepatan clock maksimum sebasar 2,995 GHz. Chip terbaru Qualcomm tersebut diprediksi akan mulai diluncurkan pada 2022 mendatang.