Microsoft Bawa Teknologi OpenAI ke Teams Premium
Teams Premium kini tersedia dengan fitur yang didukung oleh model bahasa AI GPT-3.5. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft telah meluncurkan Teams Premium dan mengemas banyak fitur Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam tingkat layanan berbayar yang baru.

Meskipun ada banyak fitur baru ditambahkan, satu paling menonjol adalah fitur yang diaktifkan melalui kemitraan Microsoft dengan OpenAI, perusahaan di belakang ChatGPT.

Teams Premium kini tersedia dengan fitur yang didukung oleh model bahasa AI GPT-3.5, mencakup fitur rekap cerdas yang secara otomatis menghasilkan catatan, tugas, dan sorotan rapat berkat GPT-3.5, bersama dengan rapat bermerek, templates rapat khusus, dan fitur seperti watermarking untuk melindungi konten rapat dengan lebih baik.

Fitur rekap cerdas akan menggunakan model AI itu untuk secara otomatis menghasilkan catatan rapat, tugas yang direkomendasikan, dan sorotan yang dipersonalisasi. Fitur ini juga akan dengan cerdas memecah rekaman rapat menjadi beberapa bagian sehingga pengguna dapat lebih mudah menemukan informasi yang diperlukan.

Sebagian besar fitur rekap cerdas tersedia saat ini, Microsoft mengatakan beberapa fitur tidak akan tersedia hingga kuartal kedua 2023.

Microsoft juga mengambil beberapa fitur Teams versi gratis dan menjadikannya fitur di versi Premium, termasuk teks terjemahan langsung, pengorganisasian khusus adegan Together Mode dan sejumlah fitur janji temu virtual.

Teks terjemahan langsung akan tersedia untuk masa tenggang 60 hari bagi pengguna Microsoft Teams yang sudah ada, dan fitur janji temu virtual hanya akan tersedia selama 30 hari.

Fitur lain dari Microsoft Teams Premium yang mungkin lebih menarik bagi bisnis adalah perlindungan rapat tingkat lanjut. Ini termasuk sejumlah pengamanan seperti watermark dan pelabelan konten sensitif selama rapat, atau kemampuan untuk membatasi pengguna dari merekam dan menyalin teks dari obrolan rapat. Microsoft mengatakan fitur-fitur itu dapat mencegah kebocoran atau menjaga kerahasiaan diskusi.

Microsoft Teams Premium, dikutip dari The Verge, Jumat 3 Februari, juga menyertakan webinar sehingga bisnis dapat menyelenggarakan acara dengan daftar tunggu pendaftaran, waktu mulai dan berakhir yang dapat disesuaikan, serta ruang hijau virtual.

Penambahan model GPT-3.5 OpenAI ke Microsoft Teams Premium datang hanya beberapa hari setelah Microsoft memperluas kemitraan OpenAI dalam investasi bernilai miliaran dolar.

Perusahaan juga dikabarkan bersiap untuk menghadirkan teknologi OpenAI ke Word, PowerPoint, dan Outlook dan kabarnya berencana menambahkan AI chatbot ChatGPT ke Bing.

Sebagai informasi, Microsoft Teams Premium tersedia dengan harga perkenalan 7 dolar AS setara Rp104 ribuan per bulan hingga 30 Juni, tetapi ketika kembali ke harga standar 10 dolar AS setara Rp149 ribuan per bulan.