Zoom Investasi dalam Anthropic untuk Memperkaya Platform Konferensi Video dengan Kecerdasan Buatan
 Zoom Video Communications Inc telah berinvestasi dalam jumlah yang tidak diungkapkan kepada Anthropic, (foto: twitter @zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Zoom Video Communications Inc mengumumkan pada Selasa 16 Mei bahwa mereka telah berinvestasi dalam jumlah yang tidak diungkapkan kepada Anthropic, sebuah perusahaan kecerdasan buatan (AI). Zoom Inc juga akan mengintegrasikan teknologi perusahaan tersebut ke dalam platform konferensi video mereka.

Langkah ini merupakan upaya terbaru dari Zoom untuk meningkatkan penawaran mereka dengan menggunakan AI saat mereka bersaing dengan Microsoft Teams, alat konferensi video yang dominan untuk perusahaan.

Dalam kolaborasi ini, Claude dari Anthropic - sebuah model bahasa besar yang bersaing langsung dengan produk dari OpenAI yang didukung oleh Microsoft - akan diintegrasikan dengan platform Zoom.

Claude dirancang untuk melakukan tugas-tugas serupa dengan ChatGPT dengan memberikan respons berupa teks yang mirip dengan manusia, dan rencananya akan ditambahkan ke Zoom Contact Center, layanan pusat panggilan.

Pada bulan Maret, Zoom telah mengumumkan kemitraan dengan OpenAI untuk menambahkan kemampuan AI seperti ringkasan percakapan dan draf pesan ke asisten Zoom IQ mereka.

Microsoft Teams pada Februari lalu memperkenalkan versi premium dari aplikasinya yang ditenagai oleh ChatGPT, sementara Salesforce Slack  juga mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengintegrasikan ChatGPT ke dalam perangkat lunak kolaborasi mereka, Slack.