Bagikan:

JAKARTA - Microsoft baru saja menyediakan akses pratinjau publik ke Teams Premium, dimana pengguna dapat menguji fitur pintar yang didukung artificial intelligence (AI) seperti live translation dan lainnya.

Teams Premium merupakan add-on untuk layanan konferensi video Microsoft Teams yang dibekali beragam fitur baru. Pratinjau tersedia sebagai uji coba gratis selama 30 hari melalui Microsoft 365 Admin Center.

"Microsoft Teams Premium menjadikan rapat di platform lebih dipersonalisasi, cerdas, dan aman," ungkap Microsoft dalam blog resminya.

Dengan hadirnya pratinjau publik, pengguna dapat menjajal fitur seperti, live translation dari 40 bahasa menjadi teks, template rapat khusus, dan pengalaman webinar tingkat lanjut yang mencakup pendaftaran hingga seribu peserta, interaktivitas dengan Q&A, dan pelaporan peserta.

Pratinjau juga menyertakan fitur untuk melindungi konten sensitif seperti watermark dan label, serta enkripsi ujung-ke-ujung untuk rapat.

Melansir The Verge, Selasa, 20 Desember, perlindungan rapat ini juga dapat digunakan untuk membatasi pengguna merekam rapat dan menyalin atau menempel obrolan rapat.

Bila tertarik untuk mencoba fitur tertentu, pengguna dapat memeriksa ketersediaannya di blog Microsoft Tech Community.

Namun, jika versi pratinjau publik tidak teredia, Microsoft akan meluncurkan fitur untuk Teams Premium sepanjang Desember hingga Januari, dan pengguna dapat mendaftar ke laman resmi Microsoft  untuk pembaruan lainnya.

Setelah uji coba gratis 30 hari berakhir, pengguna akan kehilangan akses ke fitur Teams Premium. Dan peluncuran resminya dijadwalkan pada awal Februari 2023, yang saat ini diperkirakan akan menelan biaya 10 dolar AS setara Rp155 ribuan per bulan.