Bagikan:

JAKARTA - Kurang dari dua minggu setelah Microsoft mengumumkan PC baru Copilot Plus-nya, yang dirancang untuk membawa gelombang fitur AI baru di Windows eksklusif untuk laptop baru, para penggemar Windows berhasil membobol fitur andalan Microsoft yang didukung AI, yaitu Recall, agar dapat berjalan di perangkat yang tidak didukung atau sudah usang.

Recall menggunakan model AI lokal pada PC Copilot Plus baru untuk berjalan di latar belakang dan mengambil snapshot dari apa pun yang Anda lakukan atau lihat di PC Anda. Kemudian Anda mendapatkan timeline yang dapat Anda geser dan kemampuan untuk mencari foto, dokumen, percakapan, atau apa pun di PC Anda.

Microsoft memposisikan Recall sebagai alat yang membutuhkan unit pemrosesan saraf (NPU) yang sangat baru pada PC baru, tetapi Anda sebenarnya dapat menjalankannya pada perangkat keras Arm lama.

Pengamat Windows bernama Albacore telah membuat alat bernama Amperage, yang memungkinkan Recall berjalan di perangkat yang memiliki chip Qualcomm Snapdragon lama, prosesor SQ Microsoft, atau chipset Ampere. Anda perlu menginstal pembaruan Windows 11 24H2 terbaru pada salah satu perangkat Windows on Arm ini, kemudian alat tersebut akan membuka dan mengaktifkan Recall.

Ini hanya berfungsi pada perangkat keras Windows on Arm lama saat ini, tetapi mengingat Copilot Plus PC akan datang dari AMD dan Intel, kemungkinan besar kita akan melihat ini dibuka secara lebih luas dalam beberapa minggu atau bulan mendatang. Microsoft baru saja mempublikasikan komponen AI-nya untuk platform Windows on Arm sekarang, yang menjadi faktor pembatas dalam menjalankan ini pada perangkat keras yang didukung Intel dan AMD.

Anda sebenarnya dapat membuka Recall pada perangkat x86, tetapi aplikasi tersebut tidak akan banyak berfungsi hingga Microsoft menerbitkan komponen AI x64 yang diperlukan untuk menjalankannya. Rumor mengatakan bahwa baik AMD maupun Intel hampir mengumumkan PC Copilot Plus, jadi komponen AI Microsoft untuk mesin-mesin tersebut mungkin akan muncul segera. Seseorang berhasil menjalankan Recall di mesin virtual Windows 11 x64 lebih awal hari ini hanya untuk menguji pengalaman pertama saat dijalankan.

Kemungkinan kita akan melihat lebih banyak fitur PC Copilot Plus Microsoft yang diteruskan ke perangkat keras yang ada. Recall yang dibuka untuk berjalan pada perangkat keras Arm yang jauh lebih lama pasti akan menimbulkan pertanyaan tentang mengapa Microsoft membatasi ini dan banyak fitur Windows lain yang didukung AI untuk perangkat baru yang memiliki NPU mampu lebih dari 40 triliun operasi per detik (TOPS).

Microsoft mungkin akan berpendapat bahwa persyaratan 40 TOPS menetapkan dasar untuk pengalaman AI yang lebih baik di masa depan di luar Recall, Image Cocreator, dan fitur AI lain yang ditunjukkan Microsoft pekan lalu. Ini juga memastikan fitur-fitur ini berjalan pada NPU yang terpisah daripada mengambil alih CPU dan GPU dan menghabiskan daya baterai laptop. Tetapi kenyataannya adalah bahwa Copilot Plus PC juga dirancang untuk Microsoft dan mitra OEM-nya menjual perangkat keras baru pada saat IDC memperkirakan penjualan PC akan tumbuh tahun ini berkat kedatangan PC yang mampu AI.