Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir akun instagram perusahaan crypto exchange luar negeri termasuk Binance, Binance Indonesia, Bybit, Bybit Indonesia, Bitget Indonesia, KuCoin Exchange dan Mexc.

Menanggapi itu, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengaku telah berkoordinasi dengan Kominfo untuk memblokir domain situs web atau media sosial lainnya atas entitas yang belum memperoleh persetujuan dari Bappebti untuk dapat menyelenggarakan perdagangan pasar fisik aset Kripto di Indonesia.

"Kami Bappebti yang saat ini selaku otoritas pengawas perdagangan kripto di dalam negeri sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Kemenkominfo,” kata Plt. Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kasan dalam pernyataannya. 

Kasan juga menjelaskan bahwa tujuan dari pemblokiran ini adalah agar industri kripto di dalam negeri bisa lebih kondusif. 

Sebagai salah satu pemain utama industri kripto di Indonesia, Chief Marketing Officer (CMO) Tokocrypto, Wan Iqbal, berpendapat bahwa pemblokiran ini adalah langkah preventif yang sangat diperlukan untuk memastikan perlindungan konsumen.

Bagi Tokocrypto, langkah ini merupakan suatu bentuk perlindungan kepada masyarakat dari kemungkinan kerugian yang dapat timbul dari kegiatan tanpa perizinan yang tidak bisa diprediksi. 

“Dengan ditertibkannya pelaku industri kripto ilegal, diharapkan tercipta ekosistem yang lebih sehat, kondusif dan membantu meningkatkan pertumbuhan industri,” ujarnya. 

Selain itu, Wan Iqbal berharap dengan adanya pengawasan yang ketat, langkah ini dapat meningkatkan daya saing entitas kripto yang berizin resmi di Indonesia, sehingga menciptakan lingkungan bisnis yang lebih sehat dan kompetitif. 

"Langkah ini akan mendorong pertumbuhan bisnis dalam negeri, karena mencegah arus modal ke luar negeri atau capital flow, sehingga perusahaan kripto lokal yang berizin akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk berkembang dan berinovasi," jelasnya.

Namun, berdasarkan pantauan VOI, saat ini akun instagram @binance dan @kucoinexchange masih dapat diakses. Sedangkan akun yang lain, masih tetap terblokir.