Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Data Center (DC) Temporer Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Tangerang Selatan, Banten.

Didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Ismail dan pejabat Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), inspeksi mendadak ini merupakan bagian dari serangkaian upaya pengawasan terhadap pemulihan infrastruktur penyediaan layanan digital nasional.

“Hari ini saya melakukan inspeksi mendadak ke salah satu infrastruktur PDNS di luar Surabaya, untuk memastikan penguatan keamanan siber dilakukan dengan optimal,” kata Budi dikutip Kamis, 18 Juli.

Menkominfo juga memastikan bahwa pemulihan dan migrasi data PDNS 2 yang tengah dilakukan pemerintah saat ini dilakukan secara teliti dan penuh kehati-hatian.

Upaya pemilihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh tim Kementerian Kominfo, BSSN, PT Telkom Tbk, serta seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Inspeksi dan evaluasi akan terus saya lakukan di beberapa titik infrastruktur data nasional yang lain dalam beberapa hari ke depan,” pungkas Budi.

Hingga informasi terakhir dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI), sudah ada 86 layanan yang sudah berhasil dipulihkan.