Bagikan:

JAKARTA - Apple telah lama memperingatkan pengguna iPhone dan iPad tentang keamanan jaringan Wi-Fi di aplikasi Pengaturan berdasarkan jenis kata sandi mereka. Namun, sepertinya Apple ingin membawa sistem ini ke tingkat berikutnya, setidaknya itulah yang ditunjukkan oleh salah satu paten terbaru perusahaan tersebut.

Apple ingin memberikan lebih banyak detail tentang jaringan Wi-Fi kepada pengguna. Perusahaan ini telah mengajukan paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) yang menunjukkan sistem baru untuk memberi peringkat jaringan Wi-Fi publik berdasarkan beberapa kriteria.

Berdasarkan deskripsi paten, perangkat Apple akan mengumpulkan data tentang jaringan Wi-Fi tanpa mengidentifikasi pengguna dan lokasi mereka secara tepat. Dengan data ini, sistem akan memetakan jaringan Wi-Fi dan karakteristiknya untuk "meningkatkan efisiensi interaksi antara perangkat pengguna dan titik akses yang terdeteksi."

Salah satu ilustrasi paten memberikan gambaran yang lebih jelas tentang cara kerja sistem baru ini. Misalnya, pengguna iOS akan melihat label seperti Berkualitas Tinggi, Populer, dan Mencurigakan di aplikasi Pengaturan untuk mendeskripsikan jaringan Wi-Fi. Sistem ini juga akan meminta pengguna jika mereka ingin terhubung ke jaringan Wi-Fi populer yang tersedia.

Tentu saja, perlu dicatat bahwa Apple selalu mengajukan paten baru dan tidak semuanya terwujud. Meskipun demikian, mengingat bahwa Apple berkomitmen pada privasi, tampaknya sangat mungkin bahwa sistem seperti ini akan diimplementasikan di masa depan untuk memberi tahu pengguna apakah jaringan Wi-Fi dapat dipercaya atau tidak.