Bagikan:

JAKARTA - Bukti bahwa Apple sedang mengembangkan iPhone atau iPad yang dapat dilipat semakin kuat. Bahkan  kini perusahaan asal Cupertino AS tersebut telah diberikan paten untuk mengatasi masalah khusus dengan layar kaca.

Selain satu klaim yang meragukan bahwa Apple telah menyerah pada pengembangan iPhone Lipat, rumor biasanya menyebutkan bahwa perangkat ini hampir siap diluncurkan. Laporan terbaru menyebutkan bahwa Apple saat ini sedang mengerjakan dua model, dan terdapat banyak aplikasi paten terkait topik ini.

Kini, aplikasi paten Apple berjudul "Perangkat Elektronik dengan Layar Lipat yang Tahan Lama" telah disetujui. Ini jauh dari rencana lengkap untuk layar lipat, tetapi mencakup bagian penting tentang bagaimana dua bagian layar lipat dapat menyatu.

"Sebuah lekukan mungkin terbentuk di lapisan kaca yang membentang di sepanjang sumbu tekukan," kata Apple. "Lekukan ini dapat membentuk bagian yang fleksibel dan tipis di lapisan kaca yang memungkinkan lapisan kaca untuk menekuk di sekitar sumbu tekukan."

Ide Apple adalah memiliki tampilan kaca yang meruncing ke arah tengah. Ada kemungkinan Apple berpikir untuk menggunakan dua layar biasa yang ditempatkan di kedua sisi engsel, tetapi mereka tetap akan mendapat manfaat dari pembuatan yang lebih tipis pada titik kunci tersebut.

Menariknya, sebagian besar paten cenderung berkonsentrasi pada satu titik kunci, meskipun mereka juga mencoba membuatnya terdengar seolah-olah ide mereka mencakup berbagai penggunaan masa depan. Ada unsur itu di sini, tetapi paten ini memiliki dua tema utama.

Yang pertama adalah masalah membuat kaca lebih tipis pada bagian-bagian yang perlu ditekuk atau berpotongan. Tetapi yang kedua adalah mengambil layar yang sama dan membuat kacanya lebih tebal.

"Untuk memastikan bahwa lapisan penutup layar menunjukkan ketahanan benturan yang memadai selama kejadian jatuh," lanjut Apple, "bagian sudut dari lapisan penutup layar dan bagian tepi lainnya dari lapisan penutup layar dapat diberi ketebalan yang lebih besar relatif terhadap bagian lain dari lapisan penutup layar di luar bagian yang ditipiskan secara lokal."

Objek persegi panjang dengan garis dan label, termasuk angka 28 dan 30, diilustrasikan. Detail dari paten menunjukkan di mana kaca tipis diperlukan dalam iPhone lipat Sebuah iPhone atau iPad cenderung mengalami kerusakan paling parah jika jatuh sehingga sudutnya mengenai tanah. Jadi, ini mungkin adalah kasus Apple mengantisipasi kebutuhan masa depan dan berhasil mengatasi kebutuhan saat ini.

Perlu dicatat bahwa Apple mengajukan ribuan paten setiap tahun. Bahkan ketika satu paten disetujui, itu tidak berarti bahwa produk pasti akan dibuat menggunakan paten tersebut.