Bagikan:

JAKARTA – Screen Record merupakan fitur yang cukup penting bagi beberapa pengguna. Fitur ini bisa digunakan untuk merekam video, tayangan, atau panggilan video hanya dengan satu tombol.

Fitur ini tersedia di berbagai jenis perangkat, salah satunya iPhone. Jika Anda ingin menggunakan, Anda harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu di Pusat Kontrol dengan membuka Pengaturan dan klik menu Pusat Kontrol.

Setelah itu, gulir layar ke bawah dan klik Kontrol Lainnya. Berikutnya, cari fitur Screen Record dan klik tanda tambah di sampingnya. Sekarang, saat Anda membuka Pusat Kontrol, Anda akan melihat ikon untuk fitur Screen Record.

Untuk memulai Rekaman, mengutip dari Makeuseof, klik ikon tersebut di Pusat Kontrol. Perangkat Anda akan langsung merekam setelah proses hitung mundur tiga detik. Selama proses penghitungan, Anda bisa mengaktifkan mode Jangan Ganggu (DND).

Fitur DND sangat penting untuk diaktifkan. Pasalnya, beberapa notifikasi yang tidak diharapkan mungkin akan muncul di layar. Untuk menghindari notifikasi mengganggu masuk ke dalam rekaman, fitur ini sangat diperlukan.

Selama proses perekaman berlangsung, Anda akan melihat bilah status yang berwarna merah. Saat warnanya menghilang, rekaman sudah pasti akan berhenti. Anda bisa memperhatikan warnanya sesekali untuk menghindari rekaman yang terputus mendadak.

Untuk menghentikan rekaman, ketuk waktu berwarna merah tersebut dan pilih opsi Berhenti. Anda juga bisa menghentikan rekaman dengan membuka Pusat Kontrol dan mengetuk tombol Screen Record-nya kembali. 

Jika videonya berhasil tersimpan, Anda akan melihat notifikasi yang bertuliskan, "Video Perekaman Layar telah disimpan ke Aplikasi Foto." Anda bisa membuka aplikasi tersebut untuk melihat hasil rekamannya.