Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi galeri di Android atau photos di iPhone merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan foto dan video Anda yang penuh dengan banyak kenangan. 

Namun, jika ada skenario di mana Anda harus meminjamkan ponsel Anda kepada adik atau teman Anda, mungkin ada baiknya Anda mengunci beberapa aplikasi agar tidak dapat diutak-atik oleh mereka. 

Karena bagaimana pun, mau foto dan video apapun di dalam galeri Anda adalah sebuah privasi untuk Anda. Maka tidak ada salahnya untuk mengunci galeri foto, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Cara Mengunci Aplikasi Photos di iPhone

iPhone memiliki fitur Waktu Layar atau Screen Time yang digunakan untuk mengontrol jumlah waktu Anda menggunakan iPhone. Fitur ini dapat mengunci Anda dari suatu aplikasi dan memberikan pengingat ketika batas waktu Anda untuk itu habis.

Oleh karena itu, fitur penguncian ini dapat digunakan sebagai fitur keamanan untuk mengunci aplikasi Photos di iPhone Anda. Begini caranya:

  1. Buka Settings > Screen Time > Turn On Screen Time.
  2. Di jendela pop-up, ketuk Turn On Screen Time > This is My iPhone.
  3. Selanjutnya, buat kata sandi dengan mengetuk Use Screen Time Passcode. Masukkan empat digit kata sandi pilihan Anda.
  4. Ketuk App Limits > Add Limit. Masukkan kata sandi Durasi Layar Anda.
  5. Ketuk panah dropdown dari kategori Creativity. Pilih aplikasi Photos dan ketuk Next
  6. Gulir pengatur waktu untuk menyetel 1 menit. Block at End of Limit lalu ketuk Add

Cara Membuka Kunci Aplikasi

Jika Anda ingin membuka kunci aplikasi Foto di iPhone Anda, ketuk aplikasi tersebut. Kemudian, pilih Ask For More Time > Enter Screen Time Passcode. Atau jika Anda ingin mematikannya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Setting di iPhone Anda.
  2. Ketuk Screen Time dari daftar pengaturan.
  3. Gulir ke bagian bawah halaman, cari dan klik Turn Off Screen Time.
  4. Munculan akan muncul di bagian bawah layar Anda yang mengatakan bahwa semua pengaturan dan batasan yang Anda buat menggunakan fitur ini juga akan dinonaktifkan. Konfirmasikan keputusan Anda dengan mengetuk Turn Off Screen Time lagi.