Bagikan:

JAKARTA - Sekutu dari mantan Presiden Donald Trump dilaporkan telah menyusun perintah eksekutif yang luas terkait kecerdasan buatan (AI) yang bertujuan untuk meningkatkan teknologi militer dan mengurangi regulasi pengembangan AI. Hal itu tertuang dalam  laporan dari The Washington Post. Rencana ini, yang mencakup bagian berjudul "Make America First in AI," mengindikasikan potensi perubahan besar dalam kebijakan AI jika Trump kembali ke Gedung Putih pada tahun 2025.

Perintah ini menyerukan serangkaian "Proyek Manhattan" untuk memajukan kemampuan AI militer. Ini juga meminta peninjauan segera terhadap apa yang disebutnya sebagai "regulasi yang tidak perlu dan memberatkan" pada pengembangan AI. Pendekatan ini sangat kontras dengan perintah eksekutif pemerintahan Joe Biden dari Oktober lalu, yang memberlakukan persyaratan pengujian keselamatan baru pada sistem AI canggih.

Perintah yang diusulkan ini menyarankan pembentukan badan "yang dipimpin industri" untuk mengevaluasi model AI dan melindungi sistem dari ancaman asing. Pendekatan ini kemungkinan akan menguntungkan perusahaan teknologi yang sudah bekerja sama dengan Pentagon dalam proyek AI, seperti Palantir, Anduril, dan Scale AI. Eksekutif dari perusahaan-perusahaan ini dilaporkan telah menyatakan dukungan untuk Trump.

Bersamaan dengan itu, The Washington Post mencatat bahwa Heritage Foundation yang konservatif sedang mengembangkan serangkaian kebijakan AI sebagai bagian dari Project 2025, sebuah cetak biru untuk potensi masa jabatan kedua Trump. Meskipun kampanye Trump belum secara resmi mendukung rencana ini, rencana tersebut mencakup proposal untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan AI di AS sambil membatasi akses China terhadap teknologi tersebut.

Mantan pejabat Trump di America First Policy Institute berperan penting dalam menyusun draf perintah yang diperoleh oleh Post, menurut sumber yang akrab dengan masalah ini. America First Policy Institute mengatakan kepada Post bahwa draf perintah tersebut tidak mewakili posisi resminya dan bahwa mereka tidak berkoordinasi dengan kandidat atau kampanye mana pun. Namun, ini adalah pratinjau potensial dari perubahan kebijakan dramatis tentang AI di bawah pemerintahan Trump yang kedua, yang tercermin dalam platform resmi Partai Republik untuk tahun 2024.

"Kami akan mencabut Perintah Eksekutif Joe Biden yang berbahaya yang menghambat Inovasi AI, dan memberlakukan ide-ide Radikal Kiri dalam pengembangan teknologi ini," kata dokumen platform GOP. "Sebagai gantinya, Partai Republik mendukung Pengembangan AI yang berakar pada Kebebasan Berbicara dan Keberlanjutan Manusia."

Kebijakan ini sejalan dengan perubahan angin politik di Silicon Valley. Beberapa eksekutif teknologi dan pemodal ventura yang sebelumnya mendukung Demokrat sekarang mendukung Trump. Axios melaporkan bahwa miliarder VC Marc Andreessen dan Ben Horowitz masing-masing akan memberikan sumbangan untuk upaya pemilihan Trump. Dan setelah upaya pembunuhan baru-baru ini terhadap Trump, Elon Musk secara terbuka mendukung pencalonan presiden Trump dan berjanji memberikan dukungan keuangan kepada PAC pro-Trump.

Pada  Senin, 15 Juli, Trump mengumumkan Senator Ohio J.D. Vance sebagai pasangannya untuk pemilihan 2024 dalam langkah yang dilaporkan telah menyemangati pendukung pengembangan AI yang cepat. Vance, yang dikenal dengan latar belakang permodalan venturanya dan hubungannya dengan tokoh-tokoh Silicon Valley seperti Andreessen dan Peter Thiel, telah menyuarakan penentangan terhadap regulasi AI dan mengkritik perusahaan Big Tech karena mempromosikan pengawasan pemerintah.

Vance juga pernah menyuarakan dukungannya untuk AI sumber terbuka di masa lalu, yang membuat gambaran ini sedikit lebih rumit. Tetapi sejauh ini, tidak ada yang sederhana dalam AI, dan dalam beberapa hal, konsep "AI" telah melampaui akar teknisnya menjadi lebih seperti ide daripada teknologi.

Dalam bidang yang penuh dengan keyakinan yang berkisar dari menciptakan entitas seperti dewa hingga kehancuran umat manusia dalam skenario fiksi ilmiah atau kerusakan lingkungan yang sia-sia, garis pertempuran telah ditarik, dan AI sudah sangat politis.