Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam, Lakukan Langkah-Langkah Ini
Ilustrasi blank screen layar laptop (Unsplash/Alex Knight)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Layar laptop blank atau menghitam secara tiba-tiba memang sangat mengganggu kenyamanan. Tidak sedikit pengguna laptop yang mengeluhkan masalah tersebut. Jika Anda mengalaminya, ada tips atau cara mengatasi laptop layar hitam yang perlu Anda tahu. 

Munculnya black screen atau layar hitam menjadi salah satu gejala kerusakan pada laptop. Kondisi tersebut bisa terjadi saat laptop dalam keadaan menyala. Layar laptop menghitam bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti layar LCD, kerusakan pada VGA laptop, hingga kabel laptop yang bermasalah. 

Saat Anda sedang beraktivitas menggunakan laptop kemudian terjadi black screen, maka hal itu sangatlah mengganggu dan membuat Anda kesal. Namun Anda jangan langsung panik dan mengira bahwa laptop Anda sudah rusak total. Ada beberapa cara untuk mengatasi laptop black screen.

Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam

Ada sejumlah langkah atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba menghitam layarnya. Ikuti sejumlah tips berikut ini. 

Mengecek Layar Laptop

Saat laptop mengalami black screen, pastinya kondisi ini berkaitan dengan layarnya. Jadi langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek layar LCD laptop. Untuk mengetahui kondisi layar laptop, Anda bisa menghubungkannya ke TV atau layar eksternal menggunakan kabel HDMI atau VGA. 

Apabila tampilan layar laptop Anda muncul di monitor eksternal maka masalahnya ada di layar laptop. Namun apabila tampilan layar tidak muncul, maka yang bermasalah adalah sistem operasi atau hardisk. Bisa juga masalahnya pada laptop secara keseluruhan. Untuk mengatasi ini, layar laptop Anda memang perlu diganti. 

Tekan Tombol Power

Cara paling mudah untuk mengatasi laptop blank atau layar menghitam adalah dengan menekan tombol power. Matikan laptop Anda dengan menekan tombol power selama 30 detik. Jika sudah mati, silakan cas laptop menggunakan adaptor. Jika sudah terhubung, Anda tekan kembali tombol power untuk menyalakan laptop. 

Task Manager

Cara lain untuk mengatasi layar laptop blank hitam tapi hidup adalah melalui task manager. Metode ini bisa diterapkan pada semua laptop. Jadi saat laptop blank atau hitam, Anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu menggunakan tombol power. Setelah laptop dinyalakan kembali, gunakan task manager dengan cara berikut ini.

  • Klik kanan di bagian taskbar, kemudian pilih Task Manager
  • Anda bisa menekan secara bersamaan kombinasi keyboard ctrl+alt+delete
  • Pilih menu File dan Run New Task
  • Ketik cmd, kemudian klik OK
  • Ketika jendela command prompt muncul, ketikan shutdown -r-t 01
  • Selanjutnya tekan tombol enter

Masuk ke BIOS

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar hitam laptop adalah masuk ke BIOS. Cara melakukannya cukup mudah dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol power untuk mematikan laptop
  • Nyalakan kembali laptop Anda
  • Tekan tombol F2, F12, Delete, atau ESC berulang kali saat laptop booting
  • Apabila pengaturan BIOS muncul di layar monitor, maka berarti tidak ada masalah pada hardware 
  • Namun apabila laptop tetap blank, maka ada permasalah di komponen laptop

Melepas Baterai dan RAM

Anda juga bisa mencoba mengatasi masalah ini dengan cara mencopot baterai dan RAM. Cara ini tergolong ekstrim, namun sebagian orang mengaku berhasil. Jika kedua komponen tersebut sudah Anda lepas dari laptop, Anda bisa memasangnya lagi. Setelah itu nyalakan kembali laptop Anda. 

Service Laptop

Cara terakhir yang bisa Anda bisa Anda lakukan untuk mengatasi blank screen adalah dengan menyervis laptop. Layar laptop menghitam bisa terjadi karena beberapa hal terkait komponen, seperti LCD, VGA, RAM, dan sebagainya. Apabila Anda kebingungan untuk mengetahui masalah dan mengatasinya, maka Anda perlu datang ke service center untuk memperbaiki laptop Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi laptop layar hitam. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa masalah dalam laptop Anda. Namun apabila beberapa cara di atas belum berhasil mengatasinya, Anda perlu membawa laptop Anda ke service center. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.