Bagikan:

JAKARTA – Ada beberapa alasan Chromebook Anda harus diubah ke setelan pabrik. Selain karena perangkat yang sudah tidak digunakan dan ingin dijual kembali, Anda mungkin malas mengatasi masalah Chromebook.

Perangkat ini memang mudah digunakan dan memiliki kapasitas aplikasi yang kecil. Sayangnya, tidak banyak cara untuk memperbaiki Chromebook yang bermasalah sehingga menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik bisa menjadi solusinya.

Jika Anda tidak khawatir dengan masalah kehilangan data, Anda bisa mengatur ulang Chromebook ke setelan pabrik melalui Pengaturan. Berikut ini cara mengatur Chromebook ke setelan pabrik, dikutip dari Makeuseof.

Menyetel Ulang Pabrik Melalui Pengaturan

Sebelum mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik, perlu diketahui bahwa sistem akan menghapus seluruh data yang tersimpan secara lokal atau di penyimpanan internal. Nantinya, Chromebook akan terasa seperti baru.

Setelan pabrik juga akan menghapus akun Google yang tersambung dan jaringan yang tersimpan. Jika Anda ingin menggunakan kembali perangkat tersebut, Anda harus menautkan lagi akun Google dan jaringannya.

Anda juga bisa memindahkan beberapa data ke penyimpanan eksternal terlebih dahulu. Jika Anda sudah siap untuk melakukan reset ke setelan pabrik, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik tampilan waktu di sudut kanan bawah layar.
  2. Pilih Pengaturan dengan mengeklik ikon roda gigi.
  3. Cari dan pilih System Preferences di sisi kiri aplikasi Pengaturan.
  4. Gulir layar hingga terlihat bagian Reset, lalu klik tombolnya.
  5. Saat prompt muncul di bagian tengah layar untuk melakukan restart, klik tombol Restart.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sistem akan menerima perintah dan mulai melakukan restart. Ketika Chromebook dinyalakan kembali, tampilan perangkat akan terlihat berbeda dan terasa seperti baru.