Data Similarweb: Pengguna Aktif Harian Threads Menurun Sejak Peluncuran
Pengguna aktif harian Threads menurun (foto: Threads)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam persaingan untuk menyaingi Twitter, data terbaru dari Similarweb menunjukan adanya penurunan pengguna Threads dari minggu pertama perilisan, hingga minggu ke dua.

Threads mungkin dimulai dengan awal yang sangat kuat, bahkan baru lima hari peluncuran, Threads berhasil menggaet lebih dari 100 juta pendaftar. Namun, perjalanannya masih cukup panjang untuk dapat menyaingi kesetiaan pengguna Twitter.

Menurut data Similarweb, pada 7 Juli, Threads memiliki lebih dari 49 juta pengguna aktif harian di Android, di seluruh dunia. Itu sekitar 45 persen dari penggunaan Twitter, yang memiliki lebih dari 109 juta pengguna Android aktif hari itu.

Tapi, pada Jumat 14 Juli, Similarweb menemukan adanya penurunan pengguna aktif harian Threads menjadi 23,6 juta pengguna, atau sekitar 22 persen dari pemirsa Twitter.

Lebih lanjut, laporan tersebut juga melihat bahwa pengguna di AS menghabiskan waktu sekitar 21 menit keterlibatan dengan Threads pada 7 Juli, dan turun pada 14 Juli, itu lebih dari 6 menit saja.

Dalam dua hari penuh pertama Threads tersedia sekitar Kamis dan Jumat, Similarweb melihat lalu lintas web ke twitter.com turun sebesar 5 persen dibandingkan dengan hari yang sama pada minggu sebelumnya. 

“Meskipun demikian, lalu lintas bangkit kembali, selama 7 hari terakhir data masih turun 11 persen dari tahun ke tahun,” tulis laporan tersebut.

Karena baru diluncurkan, Threads masih membutuhkan banyak perbaikan. Salah satu kelemahan yang terlihat oleh VOI sebagai pengguna adalah timeline Threads yang masih acak, dan belum terpersonalisasi.