Bocoran Terbaru Apple: iPad Pro dan Air Akan Rilis Bulan Mei
Ilustrasi iPad Pro dan Air terbaru/DOK Apple

Bagikan:

JAKARTA – Apple akan meluncurkan iPad Pro dan iPad Air generasi terbaru. Kabarnya, dua perangkat ini akan diluncurkan pada awal bulan Mei, sebulan sebelum acara tahunan WWDC digelar bagi para developer.

Dilaporkan pertama kali oleh Bloomberg, narasumber terdekat Apple mengatakan bahwa perusahaan itu berusaha merilis dua perangkat baru mereka akhir Maret atau awal April mendatang. Namun, peluncuran ini sulit untuk dilakukan.

Pasalnya, Apple masih dalam tahap menyelesaikan pembaruan software atau perangkat lunak untuk perangkat tersebut. Apple juga kesulitan membuat layar OLED yang baru bagi iPad Pro karena teknik manufakturnya yang sangat rumit.

Ini merupakan kali pertama Apple akan menyertakan layar OLED di iPad Pro. Sebelumnya, Apple hanya menggunakan layar mini-Led yang terdiri dari ribuan LED kecil. LED ini disusun dalam beberapa Zona peredupan agar mencapai tingkat kecerahan yang sangat tinggi.

Mini-LED merupakan inovasi yang baru ditambahkan pada iPad Pro 12,9 inci yang diluncurkan tahun 2021. Sayangnya, reaksi para pengguna tidak begitu bagus saat menggunakan layar mini-LED. Beberapa pengguna mengeluhkan adanya efek yang disebut mekar.

Efek ini membuat tulisan dan ikon berbayang karena cahaya. Elemen UI yang berwarna selain hitam akan diberi cahaya latar, tetapi cahaya ini menyebarkan ke UI berwarna hitam sehingga tulisan dan ikonnya seakan berbayang atau berpendar.

Kelemahan ini membuat Apple berusaha menambahkan layar OLED ke iPad Pro terbaru mereka. Sementara itu, iPad Air diperkirakan akan hadir dalam ukuran 12,9 inci untuk pertama kalinya.