Program Bagi Hasil di YouTube Shorts Diklaim Berhasil karena Semangat Para Kreator
Fitur YouTube Shorts/DOK YouTube

Bagikan:

JAKARTA – YouTube menyatakan Shorts menghadirkan peluang baru bagi para pembuat konten yang ingin menghasilkan uang. Pasalnya, fitur ini terus berkembang dan angka penayangan terus meningkat.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, angka penayangan harian untuk fitur Shorts sudah mencapai 70 miliar. Angka ini tentu bisa menguntungkan para konten kreator sehingga YouTube meluncurkan Program Mitra YouTube (YPP) tahun lalu.

Setelah setahun berjalan, YouTube mengatakan bahwa program YPP di Shorts cukup berhasil. Menurut YouTube, program ini berhasil karena banyaknya kreator yang konsisten menggunakan Shorts serta banyaknya kreator yang baru bergabung.

"Kami mulai melihat semangat para kreator membuahkan hasil. Sejak memperkenalkan bagi hasil di Shorts tahun lalu, lebih dari 25 persen channel di YPP kini memperoleh penghasilan melalui aliran pendapatan ini," kata YouTube dalam blog resminya.

Selain YPP, Shorts juga memiliki program monetisasi yang lain seperti iklan jangka panjang, BrandConnect, dan lainnya. Sama seperti YPP, berbagai program ini juga memberikan penghasilan yang cukup bagi para konten kreator yang memanfaatkan Shorts.

"Lebih dari 80 persen kini juga memperoleh penghasilan melalui fitur monetisasi YPP lainnya di YouTube , baik itu iklan jangka panjang, pendanaan dari penggemar, YouTube Premium, BrandConnect, Shopping, dan lagi," jelas YouTube.

YouTube merupakan satu-satunya platform yang menghadirkan berbagai format dalam satu platform. Para pembuat konten bisa mengunggah karya mereka dalam bentuk Shorts, VOD, Live, Podcast, hingga Audio.

Selain menawarkan format yang beragam, YouTube juga memberikan opsi monetisasi yang banyak. Seluruh kreator bisa memilih program monetisasi yang ingin mereka ikuti. Jika konsisten dilakukan, mereka bisa menerima pendapatan.