Bagikan:

JAKARTA - Sejak diluncurkan pada tahun 2021 silam, YouTube Shorts yang memiliki format video pendek berdurasi 60 detik (atau kurang) memiliki popularitas yang semakin melesat. 

Dengan rata-rata penayangan harian di Shorts sebanyak lebih dari 70 miliar dan cara baru memperoleh penghasilan, komunitas Shorts mulai berkembang, baik dengan bentuk kreativitas baru maupun perspektif baru.

Sekarang, YouTube memperingati satu tahun sejak diperkenalkannya pembagian keuntungan di Shorts, cara terbaru memperoleh penghasilan melalui Program Partner YouTube (YPP). 

“Kami percaya pada kekuatan kemitraan, dan hal ini tercermin dalam komitmen berkelanjutan kami terhadap model bisnis unik yang dibangun,” kata Thomas Kim, Director of Product Management, Creator Monetization dikutip Senin, 1 April.

Meskipun masih dini, Kim mengaku mulai melihat antusiasme kreator membuahkan hasil, di mana lebih dari 25 persen channel di YPP kini memperoleh penghasilan melalui sumber pendapatan ini.

“Lebih dari 80 persennya kini juga memperoleh penghasilan melalui fitur monetisasi YPP lainnya di YouTube, baik berupa iklan video panjang, fan funding, YouTube Premium, BrandConnect, Shopping, dan banyak lagi,” jelas Kim lebih lanjut. 

Dengan demikian, Kim beranggapan bahwa Shorts membuka peluang bagi kreator untuk memperoleh penghasilan dengan cara lain di platform YouTube, dan mereka merasakan manfaatnya.