Apple Menggugat Mantan Pekerja karena Bocorkan Aplikasi Jurnal untuk Vision Pro
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA – Andrew Aude, mantan teknisi Apple, digugat atas Tuduhan membocorkan informasi rahasia. Gugatan ini diajukan langsung oleh Apple ke pengadilan negara bagian California beberapa waktu lalu.

Mengutip laporan The Verge, Aude membocorkan informasi mengenai aplikasi Jurnal untuk Apple Vision Pro, strategi perusahaan, dan bocoran lainnya yang merugikan perusahaan. Bocoran ini diberikan ke jurnalis dan karyawan perusahaan lain.

Dalam gugatan yang Apple ajukan, perusahaan itu menyertakan banyak bukti komunikasi antara Aude dengan pihak yang menerima bocoran. Apple mengatakan Aude sempat terhubung dengan jurnalis Wall Street Journal pada bulan Juni dan September tahun lalu.

Aude dan jurnalis WSJ beberapa kali menjalin komunikasi di Signal. Aplikasi ini terenkripsi dan seharusnya Apple tidak bisa melihat catatan obrolan mereka. Namun, Aude mengabadikan beberapa obrolan dalam bentuk tangkapan layar sehingga bisa diakses di galeri.

Apple mengungkapkan jurnalis yang diberi kode Homeboy telah terhubung sebanyak 1.400 kali dengan Aude. Mantan teknisi Apple itu juga membocorkan daftar fitur terakhir untuk produk Apple dan menyampaikan bocoran lainnya ke jurnalis dari media lain.

"Tuan Aude mengirim lebih dari 10.000 pesan teks kepada jurnalis lain di The Information dan melakukan perjalanan melintasi benua untuk bertemu dengannya," tulis Apple dalam gugatannya, dikutip dari The Verge.

Aude bergabung dengan Apple pada tahun 2016 sebagai teknisi yang fokus pada pengoptimalan kinerja baterai. Pekerjaannya ini membuat Aude bisa mengakses informasi mengenai lusinan produk Apple yang seharusnya menjadi rahasia.

Tindakan Aude ini sebenarnya sudah diketahui sejak November tahun lalu. Setelah dua kali pertemuan dan Aude mengakui dirinya membocorkan beberapa rahasia perusahaan, Aude dipecat dan saat ini sedang digugat untuk menuntut ganti rugi.

Aude tidak pernah menyampaikan alasan dari tindakannya secara gamblang. Namun, salah satu tangkapan layar dari percakapan dirinya dengan seorang jurnalis menyatakan Aude memang sengaja membocorkan rahasia perusahaan.

Hal ini dilakukan agar Aude bisa mematikan produk dan fitur yang ia permasalahkan. Namun, pada akhirnya, tindakan Aude membuat dirinya terjebak dengan gugatan Apple yang saat ini sedang mencari pengadilan juri untuk mengadili kasus tersebut.