Bagikan:

JAKARTA – Selain meluncurkan iPad Pro, Apple diperkirakan akan meluncurkan iPad Air dalam waktu dekat. Kabarnya, iPad Air generasi terbaru akan mendapatkan banyak pembaruan, salah satunya perubahan bentuk.

Mengutip dari laporan 9to5mac, Apple berencana menghadirkan kembali bentuk iPad Air tahun 2020 yang memiliki desain datar dan layar berukur 10,9 inci. Selain mempertahankan desain yang sama, Apple juga akan menghadirkan model iPad Air 12,9 inci.

Ini merupakan pertama kalinya iPad Air akan menghadirkan dua ukuran layar yang berbeda dalam satu waktu. Jajaran iPad Air ini akan terasa seperti peluncuran iPad Pro yang sering memodelkan bifurkasi atau pembagian model ke beberapa perangkat.

iPad Air 10,9 inci akan menggunakan panel LCD, menurut pernyataan analis Ross Young. Berbeda dengan iPad Air 12,9 inci yang akan menggunakan layar mini-LED. Jenis layar ini memiliki rasio kontras dan kecerahan yang lebih tinggi.

Bocoran lainnya mengenai iPad Air generasi terbaru adalah tonjolan kamera yang didesain ulang. Kabarnya, tonjolan kamera ini akan menampilkan desain vertikal yang mirip dengan desain kamera beberapa tahun lalu, yaitu kamera di iPhone X.

Berikutnya, Mark Grumman dari Bloomberg mendapatkan informasi bahwa Apple akan membuat Magic Keyboard baru dengan desain aluminum. Namun, keyboard ini tidak dirancang untuk iPad Air, melainkan hanya untuk jajaran iPad Pro.

Kabar terakhir yang sudah banyak beredar adalah perubahan posisi kamera. Selama bertahun-tahun, Apple menempatkan posisi kamera di bezel bagian atas. Kini, posisi kamera itu akan dipindahkan ke sisi lanskap sehingga mirip dengan iPad 10 tahun 2022.

Perubahan ini menunjukkan bahwa iPad Air memang dirancang dengan konsep lanskap. Kamera akan ditempatkan sejajar di bagian atas. Tidak jelas mengapa perubahan ini dilakukan di saat Apple tidak meluncurkan Magic Keyboard terbaru untuk iPad Pro.