Bagikan:

JAKARTA – Kabar ditutupnya aplikasi Google Podcast secara permanen sudah beredar sejak akhir tahun lalu sehingga pengguna diminta untuk beralih ke YouTube Music. Kini, Google merilis tanggal penutupan secara global.

Melalui halaman Pusat Bantuan YouTube Music, Google mengatakan bahwa aplikasi Google Podcast akan ditutup bagi pengguna di luar AS pada Juni mendatang. Oleh karena itu, seluruh pengguna yang masih memakai Google Podcast diminta untuk bermigrasi.

"Pengguna di luar Amerika Serikat dapat menggunakan Google Podcast hingga akhir pertengahan Juni 2024. Semua pengguna di seluruh dunia dapat memigrasikan atau mengekspor langganan Google Podcast mereka hingga 29 Juli," kata Google.

Belum diketahui bagaimana sistem penutupan aplikasi ini. Jika ditutup secara bertahap, Google akan mematikan aplikasi Google Podcast di satu per satu wilayah. Namun, Google juga bisa menutup aplikasinya secara langsung dan serentak.

Meski YouTube Music akan menjadi alternatif dari Google Podcast, aplikasi ini belum mendukung pemutaran podcast secara efektif. Masih banyak fitur Google Podcast yang belum ditemukan di YouTube Music sehingga user experience-nya masih terasa kurang.

Cara Memindahkan Langganan Podcast

Jika Anda menjadi pelanggan berbayar di aplikasi Google Podcast, Anda harus memindahkan paket berlangganan Anda ke YouTube Music. Buka aplikasi Google Podcast terlebih dahulu, lalu klik tombol Ekspor Langganan di bagian atas layar.

Setelah itu, pilih Ekspor ke YouTube Music dan ketuk Ekspor. Jika proses mengekspor telah selesai, unduh aplikasi YouTube Music dan masukkan akun yang Anda miliki. Berikutnya, klik Transfer dan ketuk opsi Lanjutkan.

Proses memindahkan langganan akan memakan waktu hingga beberapa menit. Pastikan untuk tetap berada di aplikasi selama proses pemindahan dilakukan. Setelah pemindahan paket berlangganan sudah selesai, konfirmasi paket Anda.