Sinar Mas Land dan Plasticpay Resmikan Vending Machine Penukar Botol Plastik Jadi Uang Elektronik
Peresmian Reverse Vending Machine (RVM) (foto: Sinar Mas Land)

Bagikan:

JAKARTA - Sinar Mas Land melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup yang bergerak di bidang daur ulang sampah plastik dalam meresmikan Reverse Vending Machine (RVM). 

Dengan demikian, masyarakat yang mengumpulkan sampah botol plastik melalui vending machine Plasticpay akan memperoleh poin yang bisa diubah menjadi uang elektronik, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, InaCash hingga poin rewards di aplikasi OneSmile.

Hal ini juga sejalan dengan perkembangan bisnis perusahaan, Sinar Mas Land terus melakukan berbagai aktivasi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan. 

The Breeze akan menjadi lokasi pertama penempatan mesin Plasticpay di BSD City, yang mulai beroperasi pada Kamis, 18 April. 

Plasticpay merupakan gerakan sosial berbasis platform digital, yang mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah.  

Sampah plastik yang terkumpul akan didaur ulang dan menghasilkan butiran Recycled Polyester Staple Fiber (“Re-PSF”), benang serta kain yang memenuhi semua standar kualitas tinggi untuk digunakan sebagai bahan baku bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furniture, dan interior otomotif.

“Penempatan RVM di The Breeze, BSD City ini melengkapi berbagai upaya Sinar Mas Land untuk mendukung pembangunan berkelanjutan melalui sejumlah inisiatif hijau,” kata Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dony Martadisata. 

Partner of Living Lab Ventures, Bayu Seto juga berharap inisiatif ini bisa mendapat respon positif dari masyarakat, dalam menerapkan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG). 

“Saya sangat percaya kerja sama ini akan banyak memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang inklusif, mendukung program Ekonomi Sirkular di Indonesia,” pungkas CEO Plasticpay, Suhendra Setiadi. 

Terdapat 800 lebih unit Reverse Vending Machine dan Dropbox sudah tersebar di sejumlah wilayah, di antaranya Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Banyuwangi hingga Bali.