Beralih ke YouTube Music, Google Podcast Akan Ditinggalkan pada Tahun 2024
 Tangkapan layar, fitur Google Podcast yang akan segera ditutup (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mulai tahun 2024, Google Podcast akan tinggal nama. Setelah Google Podcast ditutup, Google akan menjadikan YouTube sebagai wadah pilihan bagi para podcaster dan pendengarnya.

Dalam pernyataan resminya yang dikutip dari The Verge, Google menyatakan bahwa di tahun 2024 mereka akan lebih berinvestasi ke YouTube Music dan mengarahkan para pengguna ke platform tersebut.

Investasi ini akan dikembangkan mengingat 23 persen pendengar podcast mingguan di Amerika Serikat (AS) mengaku mendengarkan podcast lewat YouTube. Angka ini berbanding jauh dengan pengguna Google Podcast yang hanya 4 persen saja.

Meski Google Podcast akan ditutup, Google akan membantu para penggunanya untuk beralih mendengarkan podcast lewat YouTube Music. Peralihan ini mereka rencanakan melalui alat migrasi sederhana.

Google akan menambahkan kemampuan RSS feed podcast ke perpustakaan YouTube Music atau mengalihkan paket langganan para pengguna Google Podcast ke aplikasi podcast yang kompatibel.

“Dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, kami akan mengumpulkan masukan untuk menjadikan proses migrasi dari Google Podcast ke YouTube Music sesederhana dan semudah mungkin,” kata Google.

YouTube  membenarkan rencana ini. Mereka menjelaskan bahwa transisi dari Google Podcast ke YouTube Music akan memakan waktu yang tidak sedikit.

Namun, YouTube dan Google berkomitmen untuk membuat produk yang luar biasa. Sampai kabar selanjutnya mengenai peralihan ini dirilis, pengguna tetap bisa mendengarkan podcast di Google YouTube.