Bagikan:

JAKARTA - FIFA, badan  sepak bola global, dikabarkan akan segera menjalin  kesepakatan dengan Apple yang akan memberikan perusahaan teknologi tersebut hak siar televisi secara global untuk sebuah turnamen baru yang penting.

Turnamen atau kompetisi ini bergaya Piala Dunia selama sebulan antara tim-tim teratas yang akan diadakan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat musim panas mendatang.

Kesepakatan tersebut bisa diumumkan segera bulan ini, menurut tiga orang yang akrab dengan masalah tersebut, yang tidak diizinkan untuk membahas kesepakatan secara publik karena belum resmi dikonfirmasi.

Kesepakatan ini muncul  setelah beberapa percobaan gagal untuk sebuah kompetisi yang didukung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Rencana untuk mengadakannya di China pada tahun 2021 dibatalkan karena pandemi.

Nilai kesepakatan itu mungkin hanya seperempat dari perkiraan awal  4 miliar dolar AS yang diperkirakan FIFA, menurut para sumber. Belum jelas apakah kesepakatan dengan Apple akan mencakup hak siar gratis, artinya seluruh acara tersebut mungkin hanya tersedia untuk pelanggan Apple TV+, faktor yang menjadi kekhawatiran eksekutif senior di FIFA.

Jika kesepakatan tersebut tercapai, ini akan menjadi kali pertama FIFA, yang akan menggelar Piala Dunia  dengan 48 tim pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2026, setuju untuk kontrak tunggal secara global.

Ini juga akan menjadi langkah terbaru Apple ke dalam dunia sepak bola, yang pada tahun 2022 menandatangani kesepakatan senilai  2,5 miliar dolar AS selama 10 tahun untuk hak siar streaming global Major League Soccer.