Bagikan:

 

JAKARTA – Tidak sedikit pengguna AirPods yang membawa earbuds mereka saat sedang mandi. Meski Anda tidak sedang membilas rambut atau hanya berendam di bak mandi, sebaliknya hindari membawa AirPods.

AirPods memiliki tingkat ketahanan yang berbeda dan beberapa di antaranya memang tahan air. Meski ketahanan airnya cukup bagus, bukan berarti earbuds Anda bisa direndam ke dalam air. Jika terjadi kerusakan, Anda tidak bisa mengeklaim garansi.

Mengutip dari Techradar, AirPods memiliki ketahanan air yang sangat rendah. Perangkat audio ini hanya dapat menahan air dalam volume yang sangat kecil, seperti keringat, rintikan air hujan, hingga percikan air.

Apple sudah pernah mengatakan bahwa AirPods, "tidak dirancang untuk digunakan dalam olahraga air, seperti berenang, atau mandi." Oleh karena itu, jangan menggunakan AirPods, meskipun hanya sebentar, ketika sedang mandi atau berendam.

Saat ini, ada empat model AirPods yang bisa dibeli di Apple Store fisik maupun online. Dari empat yang tersedia, hanya dua perangkat yang tahan terhadap air, yaitu AirPods Gen 3 dan AirPods Pro 2. AirPods Pro pertama, yang saat ini sulit dicari, juga tahan air.

Ketiga perangkat ini mendapatkan sertifikasi IPX4. Artinya, AirPods dengan rating tersebut dapat menangani cipratan air dari segala arah dan mampu bertahan saat hujan, tetapi tidak di situasi hujan yang sangat deras. Pasalnya, IPX4 tidak tahan terhadap pancaran air.

Sebenarnya, banyak pengguna AirPods di Reddit yang mengatakan bahwa mereka mandi sambil menggunakan earbuds tersebut. Tidak sedikit pengguna yang mengatakan bahwa earbuds mereka masih berfungsi dengan baik hingga sekarang.

Mereka mungkin beruntung karena perangkatnya masih berfungsi dengan normal, tetapi hal ini mungkin tidak terjadi pada perangkat Anda. Semakin sering AirPods Anda terkena air dalam jumlah yang banyak, semakin cepat rusak juga perangkatnya.