Bagikan:

JAKARTA – Poke atau Colek merupakan fitur yang diluncurkan pada tahun 2004 di Facebook. Fitur ini telah dihapus karena sudah jarang digunakan, tetapi Facebook kembali meluncurkan fitur tersebut pada 4 Februari lalu.

Saat awal diluncurkan, fungsi dari fitur ini tidak begitu jelas. Ketika Anda mendapat colekan dari pengguna lain, ini terasa seperti panggilan atau upaya untuk mendapatkan perhatian. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan bahwa mereka dicolek.

Meski fitur ini sempat tenggelam karena reaksi postingan lebih banyak digemari, Meta menghidupkan kembali fitur tersebut di ulang tahun ke-20 Facebook. Fitur ini didesain ulang dan diperkenalkan kepada pengguna Facebook yang masih muda.

Fitur ini memang sudah diluncurkan kembali, tetapi masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara menggunakan fiturnya. Berikut ini merupakan cara mencolek pengguna lain, dikutip dari Makeuseof.

Cara Mencolek Teman di Facebook

Sebenarnya, mencolek teman sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mencari nama teman di kotak pencarian, kemudian pilih tombol Colek yang terlihat di samping tombol Pesan. Setelah diketuk, tombolnya akan berubah menjadi Tercolek.

Jika tombolnya tidak muncul, Anda harus membuka Facebook melalui situs web. Setelah halaman Facebook terbuka, klik kotak pencarian dan masukkan kata Colek. Saat item Pokes atau Colekan terlihat, klik fitur tersebut untuk melihat riwayat Colekan.

Anda akan melihat pengguna mana saja yang sudah Anda colek atau yang mencolek Anda. Jika ingin mencolek pengguna lain melalui halaman tersebut, Anda bisa mencari pengguna di daftar saran atau mengetikkan nama akunnya di kotak pencarian.

Itu dia cara menggunakan fitur Colek pengguna Facebook di tahun 2024. Fitur ini memang tidak memiliki fungsi khusus, tetapi fitur Colek bisa mengembalikan sedikit kenangan Anda saat menggunakan Facebook beberapa tahun lalu