Cara <i>Share</i> Lokasi kepada Teman Menggunakan Facebook Messenger
Cara Share Lokasi Menggunakan Facebook Messenger (UrbanDigital)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagai salah satu media sosial generasi pertama yang masih eksis hingga saat ini, Facebook memiliki banyak fitur yang dapat membantu penggunanya dalam berkomunikasi satu sama lain.

Selain memiliki platform utama Facebook, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga mengembangkan platform tambahan berupa aplikasi pesan instan bernama Facebook Messenger.

Selain dapat digunakan untuk berbagi pesan teks, gambar, hingga video, Anda juga dapat berbagi lokasi terkini menggunakan fitur share lokasi yang ada di dalam aplikasi Facebook Messenger.

Anda dapat menggunakan fitur share lokasi di Facebook Messenger, yang merupakan aplikasi pesan instan yang terhubung langsung dengan Facebook. Dengan fitur tersebut, Anda dapat berbagi lokasi terkini dengan pengguna lain, saat ingin bertemu secara langsung.

Fitur share lokasi di Facebook Messenger pun disebut memiliki tingkat akurasi yang tinggi, sehingga lebih direkomendasikan daripada membagikan lokasi terkini menggunakan aplikasi pesan instan lainnya.

Akan tetapi, penggunaan Facebook Messenger yang tidak begitu populer dibanding aplikasi utamanya, membuat sebagian orang kurang mengetahui hal tersebut. Oleh karenanya, dalam artikel ini tim VOI telah merangkum cara melakukan share lokasi menggunakan Facebook Messenger.

Cara Share Lokasi Menggunakan Facebook Messenger

Jika Anda ingin melakukan share lokasi kepada teman menggunakan Facebook Messenger, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka aplikasi Facebook Messenger yang ada di smartphone Anda, kemudian login menggunakan akun facebook yang Anda miliki.

Pilih orang yang ingin Anda beritahu lokasi Anda saat ini. Selanjutnya, klik ikon titik empat pada bagian kiri bawah menu chat yang ada di Messenger Anda.

Akan muncul beberapa menu yang dapat Anda pilih, kemudian klik menu lokasi. Facebook Messenger akan meminta izin akses lokasi smartphone Anda, dan klik izinkan.

Akan muncul lokasi atau peta yang menunjukkan posisi Anda saat ini, dengan klik tombol mulai bagikan lokasi. Dengan demikian orang yang Anda kirimi pesan tersebut akan mengetahui posisi Anda saat ini.



Perlu diketahui, fitur share lokasi di Facebook Messenger, memiliki durasi waktu hanya 60 menit atau 1 jam. Oleh karenanya, jika pengguna ingin melihat lokasi yang sudah dibagikan di lain hari maka upaya tersebut tidak akan berhasil.

Pasalnya, setelah 60 menit Facebook Messenger secara otomatis akan berhenti membagikan lokasi terkini penggunanya, dan tidak bisa diakses lagi. Oleh karenanya, jika Anda ingin membagikan lokasi yang sama setelah 1 jam pengguna dapat mengulang langkah di atas.

Selain itu, pengguna juga dapat menghapus lokasi terkini secara manual dengan klik berhenti bagikan lokasi. Hal itu pun akan membuat lokasi yang Anda kirimkan kepada pengguna lain akan hilang dari pesan chat.

Demikianlah cara menggunakan fitur share lokasi menggunakan Facebook Messenger yang dapat Anda gunakan untuk berbagi lokasi terkini kepada teman Anda di Facebook.