Bagikan:

 

JAKARTA – Saat ini ada banyak layanan streaming musik yang bisa Anda pilih, mulai dari Spotify, Apple Music, YouTube Music, SoundCloud, dan masih banyak lagi. Hampir semua layanan streaming musik ini berbayar.

Meski berbayar, beberapa aplikasi menawarkan sesi uji coba gratis, seperti Spotify dan Apple Music. Jika masa uji coba gratis Anda sudah berakhir dan Anda tidak tertarik untuk menjadi pelanggan berbayar, Anda bisa membatalkan layanannya dengan cara ini.

Spotify

Paket Individual Spotify dibanderol dengan harga Rp54.990 per bulan. Harga ini mungkin terasa mahal bagi beberapa pengguna sehingga mereka hanya ingin menggunakan layanan gratis. Jika ingin kembali ke paket gratis, buka situs web Spotify.

Setelah itu, klik gambar profil akun Anda di sudut kanan atas, lalu pilih Akun. Berikutnya, ketuk opsi Kelola Paket Anda dan pilih Ubah Paket. Jika Anda ingin membatalkan paket premium, pilih paket gratis dan Anda akan kembali mendengarkan iklan.

Apple Music

Harga berlangganan Apple Music hampir sama dengan Spotify, yaitu Rp55.000 per bulan. Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki paket gratis sehingga Anda tidak bisa mendengarkan lagu di Apple Music setelah membatalkan paketnya. 

Untuk mengubah paket berlangganan Apple Music ke versi gratis, Anda perlu membuka Pengaturan terlebih dahulu. Selanjutnya, ketuk nama Anda yang terlihat di bagian atas, pilih bagian Langganan, lalu ketuk Apple Music.

Setelah itu, ketuk Batalkan Langganan untuk kembali ke mode gratis. Jika Anda berubah pikiran dan ingin menggunakan paket lainnya, Anda bisa mengeklik Lihat Semua Paket dan mengganti paketnya ke opsi berlangganan lain yang Anda inginkan.