Makin Canggih, Google Akan Hadirkan Lens Versi Desktop dan Cara Menggunakannya!
Google Lens teknologi bertenaga AI yang menggunakan pembelajaran mesin mendalam. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mempermudah penggunanya dalam hal mencari sebuah informasi hanya dari satu jepretan foto dengan menghadirkan Google Lens. Kini, Lens tidak hanya tersedia di ponsel, melainkan desktop.

Google Lens adalah teknologi bertenaga AI yang menggunakan pembelajaran mesin mendalam untuk tidak hanya mendeteksi objek dalam gambar, tetapi juga memahaminya dan menawarkan tindakan seperti pemindaian, terjemahan, belanja, dan banyak lagi.

Lens adalah salah satu pengumuman layanan terbesar Google pada tahun 2017, dan fitur eksklusif Pixel saat ponsel itu diluncurkan. Sebagai bagian dari serangkaian pembaruan, Google telah mengungkapkan bahwa Lens akan tersedia untuk Chrome di desktop dalam beberapa bulan mendatang.

Mengutip Engadget, Kamis, 30 September, cara menggunakan Lens cukup mudah, pengguna hanya perlu mengklik kanan dari situs web, pilih untuk mencari dengan Lens dan pilih bagian halaman yang ingin dicari tahu. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan hasil yang berkaitan dengan konten yang disoroti.   Lens bisa membantu jika pengguna mencoba mengidentifikasi binatang atau jaket baru.

Selain itu, ada beberapa peningkatan yang akan datang ke Lens versi ponsel. Pembaruan pada awal 2022 akan memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan setelah mengambil foto. Jika pengguna ingin tahu cara memperbaiki bagian pada sepeda, maka mendapatkan hasil bahkan jika mereka tidak tahu nama dari bagian sepeda itu.

Sedangkan, aplikasi Google Lens untuk iPhone, akan memungkinkan pengguna mencari produk di dalam gambar. Kemungkinan, adanya kemampuan baru tersebut Google berencana mempromosikan layanan Google Shopping.

Dengan fitur tersebut, memungkinkan pengguna membeli pakaian atau suku cadang sepeda jika mereka dapat mengidentifikasinya. Meski begitu, perluasan fitur tersebut bisa membuat Lens lebih berguna sebagai alat pencarian umum, bukan hanya untuk keadaan khusus.

Terkait