Bagikan:

JAKARTA - Google Chrome untuk desktop kini menghadirkan fitur Circle to Search, yang tersedia pada saluran beta ChromeOS 127 dan Chrome 128 untuk Windows dan macOS. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memulai pencarian dengan mengklik "Search with Google Lens" dari menu overflow Chrome dan kemudian melingkari elemen apa pun di layar.

Awalnya diluncurkan pada ponsel Galaxy S24 dan Pixel 8, Circle to Search dengan cepat menyebar ke lebih banyak perangkat. Bagi yang belum tahu, fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah mencari informasi berdasarkan konten visual. Fitur ini sejak itu tersedia pada beberapa model Samsung dan Google Pixel Tablet.

Pada desktop, fitur ini dikenal sebagai "Drag to Search." Pengguna ChromeOS dapat mengaksesnya dengan mengklik ikon Google Lens baru di bilah alamat. Untuk pengguna Windows dan macOS di Chrome, pencarian dimulai dengan memilih "Search with Google Lens" dari menu overflow. Anda juga dapat menyematkan opsi ini ke panel samping untuk akses mudah.

Fitur ini sekarang aktif pada perangkat kami dengan Chrome Beta versi 128.0.6613.7. Dengan pembaruan ini, Anda dapat mencari apa pun dengan menyeret kotak di sekitar konten yang Anda ingin tahu di komputer Anda. Area yang dipilih segera diproses, menampilkan hasil pencarian di panel samping sehingga Anda dapat terus menjelajah halaman asli sambil memeriksa hasilnya.

Google Lens di Chrome memudahkan pencarian apa pun yang Anda lihat di layar. Cari dalam video yang sedang Anda tonton, slide dalam siaran langsung, atau gambar di halaman web. Google Lens akan memberikan jawaban langsung di tab Anda, dan Anda dapat melanjutkan menjelajah dengan informasi baru yang Anda temukan.

Memiliki fitur ini di saluran beta resmi biasanya berarti rilis yang lebih luas akan segera datang. Namun, belum ada tanggal pasti kapan fitur ini akan tersedia untuk semua orang.