Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan widget Koleksi untuk Play Store pada 26 Juli untuk mempermudah akses ke berbagai kategori baru. Meski baru beberapa hari diluncurkan, widget ini sudah mendapatkan pembaruan.

Masing-masing kategori dari Play Store, seperti Tonton, Dengarkan, Baca, Makanan, dan lainnya akan memberikan rekomendasi dari aplikasi yang mendukung Koleksi. Selain itu, aplikasi yang terintegrasi dengan Engage SDK akan ditampilkan di bagian bawah layar.

Dilansir dari 9to5google, ada banyak aplikasi yang mendukung Koleksi, mulai YouTube, Spotify, Wattpad, Reddit, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dibagi berdasarkan masing-masing kategori. Berikut ini beberapa aplikasi yang sudah terintegrasi.

  • Makanan: Chick-fil-A, Dunkin', Maps, Play Store, Uber Eats, YouTube
  • Dengarkan: Audible, GoodFM, iHeart, Kobo Books, Play Books, Spotify, YT Music
  • Store: Adidas, AliExpress, ASOS, Best Buy, FARFETCH, Home Depot, Play Store, Sam's Club, Toko, Walmart, Wish
  • Sosial: Nextdoor, Pinterest, Play Store, Reddit, Tumblr
  • Watch: Amazon Freevee, Cartoon Network, Cooking Channel, Discovery+, Disney NOW, Disney+, Hulu, KOCOWA, Paramount+, dan lainnya.

Khusus untuk Games, sepertinya belum ada gim yang terintegrasi dengan Engage SDK sehingga pilihannya hanya terbatas pada YouTube atau Play Store. Seluruh aplikasi yang mendukung Koleksi merupakan aplikasi yang bisa digunakan di AS.

Selain menambahkan dukungan aplikasi di tampilan Koleksi, Google juga menambahkan widget terbaru dari Play Store. Widget ini masih menampilkan pengalaman Koleksi, tetapi dengan tampilan yang lebih sederhana.

Ada tiga jenis widget lainnya yang ditambahkan, yaitu widget yang menampilkan kategori dengan ikonnya, widget yang hanya menampilkan ikon dalam satu deret, dan widget yang menampilkan satu ikon dengan ikon tambahan untuk melihat seluruh kategori.