Bagikan:

JAKARTA – Google menambahkan beberapa pembaruan di Play Store, toko aplikasi buatannya. Salah satu hal baru yang mereka tambahkan adalah kemampuan mengakses konten Play Store melalui layar Beranda.

Kemampuan baru yang disebut sebagai Koleksi ini berfungsi sebagai widget. Saat ditambahkan ke layar beranda, pengguna akan melihat berbagai kategori dari dalam aplikasi Play Store yang disusun secara otomatis oleh sistem.

Ada beberapa kategori yang akan ditampilkan, di antaranya Belanja, Game, Tonton, Makanan, Baca, dan Dengarkan. Sepertinya, Koleksi hanya akan menampilkan enam kategori dan ikon tambahan untuk melihat lebih banyak kategori di dalam aplikasi.

"Kini kami mengubah Play dari destinasi yang dikunjungi orang untuk mencari aplikasi menjadi pengalaman menyeluruh yang lebih dari sekadar toko," kata Google. "Setiap Koleksi menyoroti konten dari aplikasi yang telah Anda instal."

Google mengatakan bahwa tampilan widget ini akan mempermudah pencarian, termasuk berbelanja, dari layar beranda. Setiap mengeklik nama kategori atau produk yang terlihat di layar, pengguna akan langsung masuk ke dalam aplikasi.

Masing-masing kategori menampilkan produk yang berbeda. Misalnya, Tonton akan memperlihatkan rekomendasi video dari berbagai aplikasi streaming seperti YouTube, TikTok, dan lainnya. Kategori Baca akan menampilkan berbagai e-book dan buku audio.

Untuk kategori Dengarkan, pengguna akan melihat rekomendasi musik, podcast, buku audio, dan siaran radio dari aplikasi seperti Spotify dan YouTube Music. Sementara itu, Belanja akan menampilkan berbagai keranjang dari aplikasi e-commerce.

Untuk menambahkan Koleksi, pengguna hanya perlu menekan dan menahan ikon Google Play Store, lalu cari menu untuk menambahkan widget Koleksi. Cara penambahan widget ini mungkin berbeda di perangkat Anda dan saat ini widgetnya baru diluncurkan di AS.