Bagikan:

JAKARTA - Meta AI sedang meluncurkan fitur baru yang disebut "Imagine Me" di berbagai platform mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjadikan diri mereka sebagai sosok yang mereka inginkan, mulai dari gladiator hingga penjelajah luar angkasa.

Dalam sebuah postingan di blog, CEO Meta, Mark Zuckerberg, menunjukkan cara kerja "Imagine Me." Pengguna cukup mengirimkan pesan ke Meta AI di platform seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan Messenger dengan permintaan yang dimulai dengan "Imagine me" diikuti oleh deskripsi sosok yang mereka inginkan, misalnya gladiator atau pemain sepak bola.

Untuk memulai sesi "Imagine Me," pengguna diminta untuk mengambil tiga selfie dari berbagai sudut: depan, kanan, dan kiri. Setelah itu, AI akan memproses gambar dan mengubah pengguna menjadi sosok yang diinginkan, baik fiksi maupun non-fiksi.

Meta juga mengumumkan bahwa bulan depan pengguna akan mendapatkan tombol "Edit with AI" saat mengirim pesan dengan perangkat lunak mereka. Fitur ini diharapkan akan mencakup filter, pemotongan, dan lebih banyak opsi pengeditan lainnya.

Fitur ini akan mulai tersedia minggu ini dan memungkinkan pengguna untuk membuat gambar diri mereka sendiri langsung di feed, cerita, komentar, dan pesan di Instagram, WhatsApp, Facebook, dan Messenger. Selain itu, pengguna WhatsApp dapat mengetik "@Meta imagine me" dalam obrolan untuk menunjukkan diri mereka berjalan di bulan berkat AI.

Tidak hanya Meta, Google juga sedang bereksperimen dengan fitur AI untuk YouTube Shorts yang memungkinkan pengguna mensimulasikan latar belakang layar hijau berbasis AI saat merekam. Fitur "Dream Screen" ini akan memungkinkan kreator membuat video seolah-olah mereka berada di puncak gunung atau di dasar laut yang indah.

Dengan "Imagine Me," Meta memberikan pengguna lebih banyak kreativitas dan kebebasan untuk menjelma menjadi berbagai sosok di dunia virtual, membuat interaksi di media sosial menjadi lebih menarik dan imajinatif.