Bagikan:

JAKARTA - Startup pembuat roket asal Taiwan berencana menjadi perusahaan asing pertama yang meluncurkan roket dari Jepang pada awal tahun depan. Program ini, sebagai bagian dari rencana yang dikatakan oleh pendukung industri akan membantu ambisi Tokyo menjadi pusat antariksa di Asia.

Peluncuran suborbital yang direncanakan oleh TiSpace telah menghadapi hambatan regulasi dan penundaan di tengah pertanyaan apakah Jepang harus merangkul bisnis luar negeri sebagai bagian dari usahanya untuk menggandakan ukuran industri antariksa senilai 4 triliun yen (Rp423,1 triliun) dalam dekade berikutnya.

Perusahaan swasta, yang didirikan pada tahun 2016 oleh mantan dan pejabat saat ini dari badan antariksa Taiwan, belum berhasil meluncurkan roket. Upaya terbarunya untuk menerbangkan roket melalui perusahaan saudara AtSpace di Australia pada tahun 2022 gagal karena kebocoran oksidator. Roket yang akan diuji di Jepang adalah desain yang berbeda.

"Ini (peluncuran yang direncanakan) harus menjadi kasus yang sangat baik untuk pemerintah Jepang," kata ketua TiSpace Yen-sen Chen, dikutip VOI  dari Reuters. "Jika itu berjalan lancar, maka Anda akan menarik lebih banyak pelanggan dari negara lain."

Chen mengatakan perusahaan sedang menunggu satu persetujuan regulasi terakhir, izin radio yang akan memungkinkan peluncuran roket perusahaan setinggi 12 meter (39 kaki), yang ia harapkan terjadi pada awal 2025. Roket suara dapat mencapai antariksa tetapi tidak mencapai orbit.

Beberapa analis mengatakan peluncuran roket Taiwan di Jepang mungkin menarik perhatian China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah miliknya atas keberatan kuat dari pemerintah di Taipei, dan memantau kemajuan pulau itu dalam teknologi terkait misil. Namun sejauh ini, Chen mengatakan, dia belum mendengar adanya kekhawatiran.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan "tidak mengetahui keadaan yang relevan" dari peluncuran tersebut.

Kantor Kabinet Jepang mengatakan "kegiatan ekonomi dan penelitian bebas dijamin di Jepang dalam lingkup hukum dan peraturan". Seorang pejabat dari kedutaan besar de facto Taiwan di Jepang bertemu dengan TiSpace pada Maret 2023 dalam apa yang disebut kedutaan sebagai "kunjungan sopan" tetapi kedutaan menolak untuk berkomentar lebih lanjut, mengatakan peluncuran itu adalah masalah sektor swasta.

TiSpace adalah satu-satunya perusahaan Taiwan yang mencoba meluncurkan roket. Salah satu pendiri perusahaan lainnya, Wu Jong-shinn, kini menjadi kepala badan antariksa Taiwan. Badan tersebut menolak berkomentar mengenai hubungannya dengan TiSpace dan mengatakan semua layanan peluncurannya dilakukan melalui tender publik.

Usaha perusahaan ini telah mendapatkan dukungan di antara bisnis antariksa Jepang, terutama di kota pertanian terpencil Taiki, di pulau utara Hokkaido, yang akan menjadi tuan rumah peluncuran tersebut. Para pejabat dan ahli mengutip manfaat mengundang perusahaan asing.

Yuko Nakagawa, seorang anggota parlemen partai berkuasa yang mewakili Taiki dan komunitas tetangga, mengatakan proyek TiSpace adalah "simbol persahabatan Taiwan-Jepang" dan angin buritan bagi kompleks bisnis internasional yang oleh pejabat setempat disebut "Lembah Silikon antariksa".

Jepang ingin industri antariksa swastanya bernilai lebih dari  50 miliar dolar AS pada awal 2030-an, meluncurkan 30 roket per tahun, dan menjadi pusat transportasi antariksa Asia, menurut rencana pemerintah terbaru.

Jun Kazeki, pejabat tertinggi yang mengawasi strategi antariksa Jepang di Kantor Kabinet, menolak berkomentar mengenai rencana TiSpace. "Ada "kemungkinan di masa depan untuk memanfaatkan teknologi transportasi luar negeri", tetapi roket Jepang adalah prioritas pemerintah," katanya.

Peluncuran satelit pemerintah Jepang biasanya dilakukan oleh roket buatan negara itu seperti H3 dari Mitsubishi Heavy Industries. Meski operator satelit swasta sering menggunakan perusahaan peluncuran asing seperti SpaceX dan ArianeGroup di luar Jepang.

Seorang pejabat senior Jepang yang terlibat di sektor antariksa memperingatkan bahwa perusahaan asing yang meluncurkan muatan orbital dari Jepang akan memerlukan pengawasan ketat pemerintah dan hambatan regulasi yang tinggi.

Pasalnya Undang-Undang Kegiatan Antariksa Jepang tidak mengatur peluncuran sub-orbital seperti TiSpace, pemerintah pusat tidak perlu memberikan persetujuan akhir untuk peluncuran tersebut. Tokyo berencana mengubah undang-undang tersebut untuk mencakup penerbangan sub-orbital dan roket yang dapat digunakan kembali, tetapi revisi diperkirakan memakan waktu bertahun-tahun.

INDUSTRI LOKAL"

Motoko Mizuno, seorang anggota parlemen oposisi dan mantan pejabat di JAXA, badan antariksa negara itu, mengatakan dia berhati-hati mengenai Jepang yang membuka diri untuk perusahaan asing, sementara peluncur lokal mungkin tidak dapat bersaing dalam harga.

Jepang sedang merundingkan perjanjian perlindungan teknologi antariksa dengan Amerika Serikat yang juga dapat membuka jalan bagi peluncuran komersial AS di Jepang.

Meskipun JAXA telah meluncurkan roket yang dikembangkan secara domestik selama beberapa dekade, industri roket swasta negara itu masih dalam tahap awal.

Space One, didukung oleh raksasa kedirgantaraan IHI, melihat roketnya meledak selama peluncuran perdananya pada bulan Maret. Interstellar Technologies yang berbasis di Taiki pada tahun 2019 menjadi perusahaan Jepang pertama yang memiliki roket suara mencapai luar angkasa tetapi belum melanjutkan dengan peluncuran orbital.

Yoshinori Odagiri, kepala eksekutif Space Cotan, yang mengoperasikan Spaceport Hokkaido di Taiki, mengatakan beberapa perusahaan Eropa telah menyatakan minatnya pada kompleks peluncurannya.

Tadashi Morimitsu, seorang pejabat lokal di prefektur Oita di barat daya, hub antariksa yang sedang berkembang di Jepang, yang bermitra dengan perusahaan pesawat antariksa AS Sierra Space, mengatakan kemajuan TiSpace di Hokkaido mencerminkan "fenomena yang disambut baik" dari bisnis antariksa luar negeri yang menggunakan pelabuhan antariksa Jepang.

"Secara global, lebih dari 50 pelabuhan antariksa sedang dibangun, tetapi mereka mungkin berakhir dengan mungkin lima hingga 10 yang benar-benar berhasil dan mandiri dalam jangka panjang", kata prinsipal Boston Consulting Group, Alessio Bonucci.

Jika peluncuran uji TiSpace berhasil, perusahaan tersebut mengatakan berencana untuk memperluas kapasitas manufakturnya di Jepang untuk melayani pelanggan Jepang.

Salah satu calon klien tersebut, Letara yang berbasis di Hokkaido, telah menanyakan apakah TiSpace dapat membawa sistem propulsi satelitnya ke luar angkasa untuk pengujian.

"Kami tidak bertanya apakah perusahaan itu domestik atau asing, selama mereka bisa meluncurkan," kata co-founder Letara, Shota Hirai.