Bagikan:

JAKARTA – Meta terus menambahkan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam WhatsApp. Kabarnya, platform perpesanan ini akan mendapatkan fitur baru untuk membuat gambar AI di dalam ruang obrolan.

Ditemukan pertama kali oleh WABetaInfo, fitur baru ini sudah terlihat di dalam WhatsApp beta versi 2.24.12.4 untuk perangkat Android. Fitur yang diberi nama Imagine ini didukung oleh Meta AI, asisten cerdas yang dikembangkan Meta.

Perlu dicatat bahwa Meta AI belum tersedia di seluruh negara. Asisten berbasis AI ini pun hanya bisa diakses oleh pengguna tertentu. Oleh karena itu, tidak semua pengguna yang terdaftar di versi beta bisa menggunakan fitur ini.

Dari tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, pengguna bisa mengakses fitur Imagine dengan mengeklik ikon lampiran di ruang obrolan. Fitur dengan ikon berbentuk ring dan berwarna gradasi itu ditempatkan di samping fitur Event.

Saat fiturnya diklik, pengguna bisa membuat gambar AI secara cepat. Sayangnya, belum diketahui bagaimana tampilan dari halaman fitur Imagine. Fitur ini juga masih dikembangkan dan belum diketahui kapan akan diluncurkan ke versi publik.

Ini bukan fitur AI pertama yang Meta coba hadirkan di WhatsApp. Pada pembaruan beta versi 2.24.11.17, Meta terlihat meluncurkan fitur Pembuat Foto Profil AI. Sesuai namanya, fitur ini akan membantu pengguna dalam menghasilkan foto profil berbasis AI.

Cara menggunakan Pembuat Foto Profil AI dan Imagine mungkin tidak jauh berbeda. Pengguna hanya perlu memasukkan perintah dan menunggu Meta AI membuat foto. Saat hasilnya sudah muncul, pengguna mungkin bisa langsung menggunakan fotonya.