Bagikan:

JAKARTA - MoonPay, perusahaan infrastruktur kripto, memperkuat layanan yang menargetkan pengalaman digital untuk merek. Menurut pengumuman pada 28 Mei, perusahaan ini meluncurkan platform yang didedikasikan untuk alat Web3 guna keterlibatan digital.

Platform baru ini mengintegrasikan layanan yang sudah ada dari MoonPay dengan alat baru, termasuk pembayaran kripto, otentikasi, verifikasi identitas, tiket, tokenisasi, dan pencetakan token non-fungible (NFT).

Merek-merek menggunakan solusi Web3 untuk keterlibatan konsumen dengan menciptakan pengalaman yang lebih interaktif dan personal. Sebagai contoh, merek mewah seperti Louis Vuitton telah mengintegrasikan koleksi digital dengan produk fisik. Selain itu, merek-merek juga membangun program loyalitas dengan memanfaatkan NFT untuk memberikan manfaat dan penghargaan berkelanjutan.

“Pengalaman digital adalah masa depan keterlibatan konsumen,” kata Ivan Soto-Wright, salah satu pendiri dan CEO MoonPay. Ia mengomentari fokus perusahaan untuk memasukkan merek-merek ke Web3. “Merek-merek memerlukan keamanan dan kesederhanaan untuk dengan percaya diri membawa peluang perdagangan baru ke pasar.”

Menurut Markets and Markets, pasar loyalitas dan keterlibatan pelanggan diperkirakan akan mencapai nilai 25,4 miliar dolar AS pada tahun 2029 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 17,3% selama periode tersebut. Firma riset pasar mengatakan bahwa meningkatnya model bisnis berbasis langganan di berbagai industri telah menyebabkan adopsi program loyalitas yang menargetkan aliran pendapatan berulang.

MoonPay adalah unicorn kripto yang didukung oleh perusahaan-perusahaan ventura seperti Tiger Global, Coatue, Blossom Capital, Thrive Capital, dan Paradigm. Startup ini diluncurkan pada tahun 2019 dan berfokus pada menjembatani transaksi fiat-ke-kripto dengan kartu debit dan kredit.

Perusahaan yang sudah menggunakan solusi MoonPay untuk masuk ke ruang Web3 termasuk Adidas, Gucci, Puma, dan Mastercard. Bersama Gucci, perusahaan ini merancang pengalaman penawaran dan pembelian digital untuk program seni digitalnya, sementara Puma menggunakan MoonPay untuk membuat kembar digital dari koleksi mereka, memungkinkan penggemar membeli sepatu kets digital yang dapat ditukarkan dengan pasangan fisik.

Sementara itu, Mastercard bekerja sama dengan perusahaan kripto ini untuk membangun layanan 'Pass to Priceless', platform terpadu yang menggabungkan aset digital untuk pelanggan Mastercard.

Perlu diingat, inti dari pengalaman digital merek adalah untuk menciptakan keterlibatan yang lebih dalam dan personal dengan pelanggan melalui teknologi digital yang inovatif.