Bagikan:

YOGYAKARTA – Fenomena planet sejajar adalah salah satu kejadian alam yang langka karena saat terjadi, posisi beberapa planet akan berada di satu garis alias sejajar. Fenomena ini biasa disebut dengan parade langit subuh.

Fenomena Planet Sejajar

Fenomena planet sejajar adalah fenomena ruang angkasa yang disebabkan karena tatanan edaran benda langit. Seperti diketahui, tiap planet punya waktu rotasi dan revolusi yang berbeda satu sama lain.

Dalam situs Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) fenomena tersebut digambarkan dengan cara menyamakan planet di orbit bak pelari yang melaju di lintasan lari. Tiap pelari punya kecepatan yang berbeda, namun di satu waktu pasti mereka akan saling berpapasan di satu titik yang berjajar.

Di galaksi Bima Sakti sendiri terdapat delapan planet yang mengelilingi Matahari dengan kecepatan dan jarak lintasan yang berbeda. Dalam prosesnya, posisi bersejajaran bisa terjadi pada dua, tiga, empat, bahkan delapan planet.

Dilansir dari situs Fakultas Syariah UIN Jember, fenomena planet sejajar sendiri sebenarnya tidak benar-benar sejajar dalam garis lurus. Hal itu disebabkan karena edaran planet ada di sekitar garis ekliptika di bidang orbit Bumi yang memutari Matahari.

Dalam situs Astronomy juga dijelaskan bahwa kesejajaran planet terjadi ketika beberapa planet terlihat berdekatan dan terlihat seolah-olah sejajar saat dilihat dari Bumi.

Jadwal Fenomena Planet Sejajar Terbaru

Fenomena planet sejajar sendiri pernah terjadi di tahun 2023 tepatnya pada 28 Maret. Kala itu ada parade lima planet sejajar dan kemungkinan akan terjadi tiga tahun setelahnya.

Di tahun 2022 fenomena planet sejajar serupa pun pernah terjadi. Kala itu Saturnus, Mars, Venus dan Jupiter sejajar di tanggal 17 April.

Namun untuk parade tiga planet sejajar ternyata terjadi dengan waktu yang lebih cepat sehingga periode tunggunya tidak terlalu lama.

Dilansir dari situs BRIN, fenomena tiga planet sejajar bisa terjadi sekitar enam bulan sekali, sedangkan untuk dua planet sejajar bahkan bisa terlihat setiap hari. Berikut ini jadwal planet sejajar dilansir dari situs starwalk.space.

  • 27 Januari: tiga planet sejajar (Venus-Mars-Merkurius)
  • 4 April: empat planet sejajar (Venus-Neptunus-Saturnus-Mars).
  • 20 April: lima planet sejajar (Venus-Merkurius-Neptunus-Mars-Saturnus).
  • 7 Juni: enam planet sejajar (Merkurius-Jupiter-Uranus-Mars-Neptunus-Saturnus).
  • 28 Agustus: enam planet sejajar (Merkurius-Mars-Jupiter-Uranus-Neptunus-Saturnus).
  • 18 Januari 2025: enam planet sejajar (Merkurius-Mars-Jupiter-Uranus-Neptunus-Saturnus)
  • 28 Februari 2025: tujuh planet sejajar (Saturnus-Merkurius-Neptunus-Venus-Uranus-Jupiter- Mars).
  • 29 Agustus 2025: enam planet sejajar (Merkurius-Venus-Jupiter-Uranus-Neptunus-Saturnus).

Dampak Fenomena Planet Sejajar

Fenomena planet sejajar sejajar sedikit banyak tentu berdampak pada Bumi. Salah satu dampak umum yang terjadi misalnya meningkatnya tarikan gravitasi planet hingga memicu pasang surut air di Bumi. Selain itu fenomena ini juga membantu para peneliti untuk mencari pengetahuan baru terkait planet dan tata surya.

Selain itu momen tersebut juga dimanfaatkan untuk mengirimkan wahana antariksa. Biasanya lembaga yang melakukan pengiriman tersebut adalah NASA.

Cara Melihat Fenomena Planet Sejajar

Fenomena ini biasanya bisa dilihat dengan mata telanjang saat cuaca cerah. Namun penggunaan alat tambahan seperti kamera atau teleskop akan memberikan gambaran fenomena yang lebih jelas.

Namun untuk mengetahui posisi yang tepat, masyarakat bisa memanfaatkan informasi yang dibagikan oleh situs website yang fokus di bidang fenomena tata surya seperti Space, NASA, atau EarthSky.org.

Itulah informasi terkait fenomena planet sejajar. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.