Siap-siap! Besok Akan Muncul Fenomena Parade Lima Planet di Bawah Bulan
Venus merupakan objek paling terang di langit malam selain Bulan. (foto: dok. nasa)

Bagikan:

JAKARTA - Sebentar lagi kita akan menyaksikan fenomena parade atau penyelarasan lima planet di bawah Bulan, tepat pada Selasa, 28 Maret.

Lima planet itu meliputi Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Uranus saat Matahari terbenam. Sebagian dari mereka telah terlihat lebih dahulu pada Jumat minggu lalu dan akan tampak jelas di minggu ini.

"Jika Anda keluar, tepat saat matahari terbenam, tepat setelah matahari terbenam dan melihat ke barat, Anda akan melihat planet-planet ini terbentang dalam garis yang memanjang sekitar 50 derajat atau lebih," ungkap pimpinan di kantor lingkungan meteoroid NASA, Bill Cooke.

Fenomena seperti ini biasanya muncul beberapa tahun sekali atau lebih, dan sebagian besar bisa di lihat dengan mata telanjang, bahkan di daerah perkotaan yang memiliki banyak cahaya.

Parade planet ini dapat terlihat di belahan Bumi Utara dan Selatan. Dari seluruh planet yang berbaris ini, yang paling dapat dilihat adalah Venus.

Disebut sebagai bintang malam, Venus merupakan objek paling terang di langit malam selain Bulan. Uranus sendiri akan tampak sejajar dengan Venus pada saat fenomena itu berlangsung dengan warnanya yang kehijauan.

Di bawah Venus dan Uranus akan ada Jupiter serta Merkurius, melayang tepat di atas cakrawala. Merkurius mungkin juga sulit ditangkap tanpa peralatan khusus, karena silau Matahari dapat menutupi planet ini.

Tetapi kedua planet tersebut akan terlihat sekitar 20 hingga 30 menit setelah matahari terbenam. Sementara Mars, duduk dalam garis lurus dari Jupiter, Merkurius, Venus, Uranus, dan Bulan.

Sangat mudah untuk melihat Mars karena warna oranye khasnya. Untuk melihat fenomena ini secara online, Anda bisa mengunduh aplikasi Sky Tonight atau SkySafari.

Diketahui, fenomena seperti ini tidak hanya terjadi sekali. Sebelumnya pada Juni 2022, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berbaris dalam urutan yang jarang, sama dengan posisi alaminya dari Matahari untuk pertama kalinya sejak Desember 2004, seperti dikutip dari CBSNews.

Selanjutnya akan kembali terjadi tahun ini termasuk pada 11 April dan kemudian di musim panas pada 24 Agustus. Penyelarasan lima planet lainnya Merkurius, Uranus, Jupiter, Neptunus, dan Saturnus juga dapat dilihat pada 17 Juni.