Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat gambar AI yang dipersonalisasi. Fitur ini dinamai "Imagine Me" dan akan memungkinkan pengguna mengunggah foto diri mereka untuk melatih model AI.

WhatsApp kini merangkul AI untuk membantu pengguna dalam memilih foto profil baru atau menunjukkan diri mereka di lokasi unik. WABetaInfo menemukan fitur baru yang sedang dikembangkan dalam WhatsApp Beta untuk Android (2.24.14.7) yang akan menawarkan untuk membuat foto AI yang dihasilkan dari penampilan pengguna.

Jadi, pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk menangkap momen sempurna saat berlibur — chatbot baru WhatsApp akan dapat menciptakan penampilan mereka dari udara tipis.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Meskipun fitur ini belum tersedia, tangkapan layar yang bocor menunjukkan bahwa pengguna akan diminta untuk mengunggah beberapa selfie referensi saat pertama kali menggunakan fitur ini. Chatbot Meta AI kemudian akan membuat gambar baru yang "membayangkan" pengguna di lingkungan berbeda "seperti hutan atau luar angkasa".

Ini semua terdengar seperti generator gambar AI yang dipersonalisasi yang dibangun langsung ke dalam WhatsApp. Kita tidak dapat membayangkan banyak kasus penggunaan untuk fitur ini kecuali untuk menggunakan gambar yang dihasilkan sebagai stiker dalam obrolan WhatsApp.

Peluncuran Meta AI di WhatsApp

Meta AI dalam WhatsApp baru-baru ini mulai diluncurkan di beberapa wilayah, termasuk AS dan India. Selain obrolan satu lawan satu, pengguna juga dapat menggunakan chatbot ini dalam obrolan grup WhatsApp.

Namun, fitur foto yang dihasilkan AI ini mungkin tidak akan tiba dalam waktu dekat. Peluncuran chatbot ini masih berlangsung bahkan di wilayah yang didukung. Untuk mengetahui apakah pengguna memiliki akses, cari ikon biru baru di layar daftar obrolan utama. Perusahaan juga telah bereksperimen dengan merombak bilah pencarian atas untuk menyarankan prompt obrolan AI.

WABetaInfo juga baru-baru ini menemukan layar baru yang memungkinkan pengguna beralih antara ukuran model bahasa yang berbeda. Model bahasa Llama 3-405B Meta lebih besar dan secara signifikan lebih mampu daripada Llama 3-70B, yang mendukung iterasi saat ini dari Meta AI.

Menariknya, tangkapan layar ini menunjukkan batasan mingguan untuk Llama 3-405B. Pesaing seperti ChatGPT dan Claude juga menggunakan taktik yang sama, di mana pengguna hanya mendapatkan sejumlah respons GPT-4o pada tingkat gratis. Meskipun belum jelas apakah Meta berencana untuk memonetisasi chatbot-nya, foto yang dihasilkan AI bisa menjadi salah satu upaya pertama perusahaan untuk membangun basis pengguna yang setia.