Bagikan:

JAKARTA -Apple dikabarkan akan menghapuskan iPhone 17 Plus dan menggantinya dengan model baru bernama iPhone 17 Slim. Informasi ini disampaikan oleh Ming-Chi Kuo, seorang analis terkenal yang sering memberikan bocoran terkait produk Apple. Kuo menjelaskan bahwa iPhone 17 Slim akan memiliki layar berukuran 6,6 inci, lebih besar dari iPhone biasa, namun lebih kecil dari model Plus.

iPhone 17 Slim akan memiliki resolusi layar sebesar 2740x1260 dan tetap mempertahankan fitur Dynamic Island. Perangkat ini juga akan dibekali dengan chip terbaru, A19, serta dibalut dalam bingkai yang terbuat dari paduan titanium-aluminium dengan persentase titanium yang lebih rendah dibandingkan bingkai metal Pro dan Pro Max saat ini.

Langkah ini diambil karena penjualan iPhone model Plus yang hanya menyumbang sekitar 5-10% dari total penjualan tahunan. Apple berupaya menyesuaikan desain dan fitur perangkat mereka sesuai dengan tren penggunaan dan preferensi konsumen yang terus berkembang.

Diperkirakan, iPhone 17 Slim akan dibanderol dengan harga  1299 dolar AS (Rp21,1 juta) dan dilengkapi dengan layar ProMotion. Nama kode untuk perangkat ini adalah "D23". Selain itu, iPhone 17 Slim akan memiliki chassis yang lebih tipis dan lubang yang lebih kecil pada layarnya.

Salah satu perubahan signifikan adalah iPhone 17 Slim hanya akan memiliki satu kamera belakang, berbeda dengan iPhone 17 yang diharapkan memiliki dua kamera, dan model iPhone 17 Pro yang akan memiliki tiga kamera belakang. Kamera pada iPhone 17 Slim adalah kamera "wide", yang merupakan kamera utama dalam terminologi Apple. Meskipun belum ada rincian tentang spesifikasi kamera ini, sisa lini produk diperkirakan akan memiliki kamera utama 48MP.

Selain itu, iPhone 17 Slim akan menggunakan chip 5G buatan Apple sendiri, menggantikan chip Qualcomm yang digunakan pada model sebelumnya.

Namun, perangkat yang lebih tipis ini menimbulkan kekhawatiran terkait kapasitas baterai. Ukuran baterai yang lebih kecil biasanya berarti masa pakai yang lebih pendek. Hingga saat ini, belum ada detail lebih lanjut mengenai rencana Apple terkait baterai untuk perangkat ini.

Sebagai perbandingan, iPhone tertipis yang saat ini ada di pasaran adalah iPhone SE generasi ketiga dengan ketebalan 0,29 inci, sementara iPhone 15 memiliki ketebalan 0,31 inci. Apple diharapkan dapat mengatasi tantangan ini dengan inovasi terbaru mereka.

Namun masih setidaknya 14 bulan dari pengumuman dan peluncuran lini iPhone 17. Banyak yang bisa berubah antara sekarang dan saat itu, dan Kuo tidak seandal dulu. Sebagai tambahan, model ultra-slim ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan model Plus, melainkan untuk mengeksplorasi tren desain baru di luar jajaran iPhone yang ada.